SISTEM KENDALI BUCK CONVERTER DENGAN MENGGUNAKAN PENGENDALI PID 2 DERAJAT KEBEBASAN UNTUK PENGENDALIAN PERFORMANSI DALAM DOMAIN WAKTU DAN DOMAIN FREKUENSI

Firmansyah, Putra (2017) SISTEM KENDALI BUCK CONVERTER DENGAN MENGGUNAKAN PENGENDALI PID 2 DERAJAT KEBEBASAN UNTUK PENGENDALIAN PERFORMANSI DALAM DOMAIN WAKTU DAN DOMAIN FREKUENSI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR KEPUSTAKAAN)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Tugas Akhir Firmansyah Putra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Buck converter merupakan salah satu catu daya DC yang berfungsi untuk menurunkan tegangan. Agar sistem buck converter ini memiliki tanggapan tegangan keluaran yang baik maka perlu dikontrol dengan pengendali PID 2 Derajat Kebebasan. Tanggapan tegangan yang diamati pada penelitian ini adalah performansi dalam domain waktu dan domain frekuensi. Analisa dilakukan dengan bantuan perangkat lunak MATLAB dalam bentuk listing program. Analisa dilakukan untuk sistem buck converter tanpa dan dengan pengendali PID 2 derajat kebebasan. Pada sistem buck converter tanpa pengendali didapatkan bahwa kecepatan tanggapan tegangannya sudah memuaskan namun kualitas tanggapan tidak memuaskan karena nilai lewatan maksimumnya 76.18%. Sementara untuk domain frekuensi lingkar terbuka didapatkan sistem kurang stabil karena margin fasa yang cukup besar dan lingkar tertutup didapatkan performansi sistem yang kurang baik karena nilai puncak resonansi yang cukup tinggi. Kemudian dirancang sistem buck converter dengan pengendali yang meliputi PID 2 Derajat Kebebasan tipe parallel, feedforward, feedback dan filter. Dari keempat tipe pengendali tersebut maka didapatkan bahwa pengendali Proporsional Diferensial Filter Orde Pertama (PDF) pada PID 2 Derajat Kebebasan tipe feedforward dengan nilai Kp = 171, Kd = 0.00545, Tf = 4.88e-07 adalah pengendali yang memenuhi kriteria yang diinginkan. Untuk performansi dalam domain waktu, kualitas dan kecepatan tanggapannya sudah memuaskan. Begitu juga untuk performansi dalam domain frekuensi tanggapan sistem memuaskan dan lebih stabil. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem kendali buck converter dengan pengendali PID 2 derajat kebebasan dapat menghasilkan sistem buck converter yang memiliki performansi yang memuaskan daripada buck converter tanpa pengendali. Kata Kunci : Buck Converter, PID 2 Derajat Kebebasan, sistem kendali, performansi domain waktu, performansi domain frekuensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Heru Dibyo Laksono, MT
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 31 Jul 2017 10:30
Last Modified: 31 Jul 2017 10:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27645

Actions (login required)

View Item View Item