Pengaruh Blocking Agent terhadap Biosorpsi Ion Logam Zn(II), Cd(II), Pb(II) dan Cu(II) pada Biji dan Kulit Buah Lengkeng (Euphoria Longan Lour) Secara Dinamis

Desy, Kurniawati (2017) Pengaruh Blocking Agent terhadap Biosorpsi Ion Logam Zn(II), Cd(II), Pb(II) dan Cu(II) pada Biji dan Kulit Buah Lengkeng (Euphoria Longan Lour) Secara Dinamis. Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img] Text (DISERTASI FULL TEXT)
disertasi Desy Kurniawati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh blocking agent terhadap biosorpsi ion logam Zn(II), Cd(II), Pb(II) dan Cu(II) pada biji dan kulit buah lengkeng (Euphoria longan Lour) secara dinamis telah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari kemampuan biosorben biji dan kulit lengkeng untuk mereduksi ion logam Pb(II), Cd(II), Cu(II) dan Zn(II) dengan metoda dinamis (kolom) dengan mempelajari kondisi optimum penyerapan dengan variasi pH, konsentrasi, ukuran partikel, berat biosorben dan laju alir pada biji dan kulit lengkeng tanpa dibloking terhadap ion logam Zn,Cd, Pb, dan Cu, menentukan kapasitas serapan menggunakan biji dan kulit lengkeng yang diblok dengan methanol dan glycol dan dianalisis dengan AAS, mengkarakterisasi perubahan gugus fungsi dengan FTIR, morfologi permukaan SEM, melihat logam telah terikat atau belum dengan EDX dan XRF, serta mempelajari pengaruh desorbsi HNO3 konsentrasi (0,01 ; 0,001 ; 0,0001 M) terhadap regenerasi biosorben. Berdasarkan hasil penelitian dilakukan dapat disimpulkan bahwa biji dan kulit buah lengkeng dapat menyerap ion logam Zn,Cd, Pb, dan Cu dalam larutan sebagai pengganti karbon aktof, resin penukar ion yang harganya mahal. Kapasitas penyerapan untuk masing-masing logam Zn (II), Cd (II), Pb (II), dan Cu (II) pada kondisi optimum adalah 1,9381; 2,1673; 5,2720; 3,6717 mg/g untuk biji buah lengkeng dan 2,3534; 3,5511; 4,8933; 4,0064 mg/g untuk kulit buah lengkeng. Selain itu gugus fungsi karboksil dan karbonil dalam biji dan kulit buah lengkeng memiliki peranan penting dalam proses biosorpsi ion logam Zn,Cd, Pb, dan Cu. Sehingga dengan pemblokingan dapat menurunkan kapasitas penyerapan biji dan kulit buah lengkeng sampai 80,69-98,7 % FTIR dapat melihat gugus fungsi yang ada dalam biji dan kulit buah lengkeng –OH, -CH, -C-O, C=O. Gugus Fungsi karboksil dan karbonil berperan sangat besar pada proses penyerapan ion logam terutama untuk logam Pb(II) dan Cu(II). Morfologi permukaan pada biosorben secara kuantitatif dengan adanya ion logam yang terserap. Setelah menyerap ion logam rongga-rongga yang terdapat permukaan kulit dan biji lengkeng berkurang. Data EDX dan XRF memperlihatkan adanya logam yang terikat pada kulit dan biji lengkeng. Keyword: blocking agent, biosorpsi, Euphoria longan Lour, Zn (II), Cd(II), Pb(II), Cu(II)

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof. Rahmiana Zein, Ph.D
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: S3 Ilmu Kimia
Date Deposited: 26 Jul 2017 13:18
Last Modified: 26 Jul 2017 13:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27630

Actions (login required)

View Item View Item