KERAGAMAN SIFAT KUALITATIF DAN KUANTITATIF AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITNAK (KUB) DI UPTD BPPMT DINAS PETERNAKAN PROVINSI SUMATERA BARAT

Anthonny, Putra (2017) KERAGAMAN SIFAT KUALITATIF DAN KUANTITATIF AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITNAK (KUB) DI UPTD BPPMT DINAS PETERNAKAN PROVINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup/Kesimpulan)
BAB V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
UPLOAD FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman sifat kualitatif dan kuantitatif ayam KUB di UPTD BPPMT Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat. Materi penelitian menggunakan ayam KUB yang sudah dewasa kelamin yaitu pada sifat kualitatif sebanyak 425 ekor yang terdiri dari 79 ekor jantan dan 346 ekor betina, sedangkan pada sifat kuantitatif sebanyak 185 ekor yang terdiri dari 30 ekor jantan dan 155 ekor betina. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pengambilan sampel menggunakan metode quota sampling. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk menghitung persentase sifat kualitatif, rataan, simpangan baku, dan koefisien keragaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat kualitatif ayam KUB memiliki warna bulu dominan adalah berwarna (selain putih) sebesar 100 %, pola bulu dominan adalah liar (51,53 %), corak bulu dominan adalah lurik (56 %), kerlip dominan adalah emas (88,47 %), warna shank dominan adalah hitam/abu/kehijauan (88,24 %) dan bentuk jengger dominan adalah kapri/pea (84,47 %). Koefisien keragaman sifat kuantitatif yang tertinggi pada ayam KUB jantan dan betina adalah tinggi jengger yaitu sebesar 47,81 % dan 72,45 %, sedangkan koefisien keragaman yang terendah pada ayam KUB jantan terdapat pada panjang shank yaitu sebesar 3,62 % dan pada ayam KUB betina terdapat pada panjang tibia yaitu sebesar 5,46 %. Kata kunci : Ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB), Sifat Kualitatif, Sifat Kuantitatif, UPTD BPPMT Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Firda Arlina, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 26 Jul 2017 09:45
Last Modified: 26 Jul 2017 15:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27491

Actions (login required)

View Item View Item