PENGARUH PEMBERIAN HERBAL UREA MOASSES BLOK TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK DAN PROTEIN KASAR PADA SAPI POTONG

TIKA, WAHYU RAHMI (2017) PENGARUH PEMBERIAN HERBAL UREA MOASSES BLOK TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK DAN PROTEIN KASAR PADA SAPI POTONG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan)
BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian herbal urea molasses blok (UMB) terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik, dan protein kasar pada sapi potong. Materi penelitian yang digunakan adalah 10 ekor sapi potong yang dilaksanakan pada kelompok Tani Taratak Permai Pauh Padang. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 2 kali ulangan yaitu : perlakuan A (Hijauan + UMB Kontrol), B (Hijauan + UMB Kunyit Putih), C (Hijauan + UMB Sambiloto), D (Hijauan + UMB Brotowali), E (Hijauan + UMB Temulawak). Parameter yang diukur pada penelitian ini adalah kecernaan bahan kering, kecernaan bahan organik dan kecernaan protein kasar. Hasil analisis keragaman dari penelitian penggunaan herbal urea molasses blok dalam ransum sapi potong memberikan pengaruh sangat nyata (P<0.01) terhadap kecernaan sapi potong dibandingkan dengan kontrol. Namun, berbeda tidak nyata antar herbal blok. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunan herbal urea molasses blok dalam ransum sapi dapat meningkatkan kecernaan bahan kering, bahan organik, dan protein kasar pada sapi potong Kata kunci : Herbal UMB (kunyit putih, sambiloto, brotowali, temulawak), sapi potong, kecernaan (bahan kering, bahan organik, dan protein kasar)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Rusmana W.S.Ningrat.M. Rur. Sc
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 26 Jul 2017 11:19
Last Modified: 26 Jul 2017 11:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27352

Actions (login required)

View Item View Item