UPAYA MENURUNKAN KADAR KOLESTEROLTELUR DAN DAGING MELALUI PEMBERIAN PROBIOTIK Lactococcus plantarum dan Pediococcus pentasaceus DENGAN PENGEMBAN UBI JALAR UNGU PADA AYAM RAS PETELUR

Vivi, Adriani (2017) UPAYA MENURUNKAN KADAR KOLESTEROLTELUR DAN DAGING MELALUI PEMBERIAN PROBIOTIK Lactococcus plantarum dan Pediococcus pentasaceus DENGAN PENGEMBAN UBI JALAR UNGU PADA AYAM RAS PETELUR. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAPUS.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik Lactococcus plantarum dan Pediococcus pentasaceus yang menggunakan pengemban ubi jalar ungu terhadap kadar kolesterol telur dan daging. Penelitian ini menggunakan ayam petelur Strain Isa Borwn dengan jumlah 210 ekor ayam ras petelur umur 38 minggu ditempatkan dalam kandang baterai berukuran 40x30x30 cm. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 7 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuannya yaitu: A= kontrol (tanpa probiotik); B= pemberian L. plantarum dengan pengemban ubi jalar ungu dosis 1 g; C= pemberian L. plantarum dosis 2 g; D= pemberian P. pentasaceus dosis 1 g; E= pemberian P. pentasaceus dosis 2 g; dan F= pemberian L. plantarum + P. Pentasaceus dosis 1 g; dan G= pemberian L. plantarum + P. Pentasaceus dosis 2 g. Peubah yang diamati adalah kadar kolesterol telur dan kolesterol daging. Hasil analisis keragaman menunjukkan pemberian probiotik L. plantarum dan P. Pentasaceus yang menggunakan pengemban ubi jalar ungu berpengaruh nyata (P<0,05) menurunkan kadar kolesterol telur dan kolesterol daging ayam ras petelur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan probiotik Lactococcus plantarum dan Pediococcus pentasaceus dengan pengemban ubi jalar ungu dosis 2 g per ekor per minggu mampu menurunkan kadar kolesterol telur dari 174,50 mg/dl menjadi 81,62 mg/dl dan kadar kolesterol daging dari 28,45 mg/dl menjadi 14,80 mg/dl. Kata kunci : Ayam Ras Petelur, Kolesterol Daging, Kolesterol Telur, Probiotik, Ubi Ungu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Hj. Husmaini, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 26 Jul 2017 10:44
Last Modified: 26 Jul 2017 10:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27322

Actions (login required)

View Item View Item