URGENSI OLAH TEMPAT KEJADIAN PERKARA UNTUK KESESUAIAN ANTARA LAPORAN POLISI DENGAN HASIL OLAH TEMPAT KEJADIAN PERKARA DALAM MENGUNGKAP SUATU TINDAK PIDANA. (Studi : Laporan Polisi Nomor : LP / 36 / I / 2012 / Bareskrim tentang penganiayaan dan kelalaian menyebabkan kematian)

Dedy, Suherman (2017) URGENSI OLAH TEMPAT KEJADIAN PERKARA UNTUK KESESUAIAN ANTARA LAPORAN POLISI DENGAN HASIL OLAH TEMPAT KEJADIAN PERKARA DALAM MENGUNGKAP SUATU TINDAK PIDANA. (Studi : Laporan Polisi Nomor : LP / 36 / I / 2012 / Bareskrim tentang penganiayaan dan kelalaian menyebabkan kematian). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV (kesimpulan dan saran))
BAB IV (Kesimpulan dan saran).pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img] Text (TESIS LENGKAP)
TESIS LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)

Abstract

Laporan polisi adalah laporan tertulis yang dibuat oleh petugas Polri tentang adanya pemberitahuan yang disampaikan oleh seseorang bahwa akan, sedang, atau telah terjadi tindak pidana. Agar tercapainya kepastian hukum atas laporan polisi diperlukan tindakan berupa Pengolahan TKP yang merupakan salah satu tindakan penyelidikan dalam menentukan peristiwa yang terjadi adalah tindak pidana atau bukan. memperoleh keterangan-keterangan, petunjuk pertama, tentang waktu, tempat, jalannya, motif (alasan) dilakukannya dan akibat-akibat yang ditimbulkan oleh suatu tindak pidana. dari TKP akan ditemukan hubungan antara korban, pelaku dan alat yang dipakai dalam melakukan kejahatan. Dikaitkan dengan Laporan Polisi Nomor : LP/36/I/2012/Bareskrim tanggal 12 Januari 2012 dan hasil penyelidikan dari olah TKP yang dilakukan oleh tim inafis Polda Sumbar ditemukan hanya tindak pidana penganiayaan tapi fakta hukum tindak pidana kelalaian mengakibatkan meninggal dunia tidak ditemukan. dari contoh kasus di atas antara laporan Polisi dengan hasil olah TKP tidak ada kesesuaian. Untuk itu lebih lanjut dilakukan penelitian yang dibatasi dengan permasalahan sebagai berikut adalah (1) Bagaimanakah urgensi hasil olah tkp dengan laporan polisi? (2) bagaimana cara menyesuaikan antara hasil olah TKP dan laporan polisi? (3) Bagaimana upaya penyelesaian apabila terjadi ketidaksesuaian antara laporan polisi dengan olah TKP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh dari: 1) Data primer (informan), 2) Data sekunder (dokumen). Metode pengumpulan data dilakukan melalui: 1) wawancara, 2) dokumentasi, 3) observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) urgensi hasil olah TKP dengan laporan polisi? (2) cara menyesuaikan antara hasil olah TKP dan laporan polisi? (3) upaya penyelesaian apabila terjadi ketidaksesuaian antara laporan polisi dengan olah TKP. Simpulan dalam penelitian ini adalah TKP merupakan kunci awal atau tempat utama untuk mencari dan mengumpulkan barang bukti guna membuat terang perkara pidana dan menjadi acuan penyidikan laporan polisi suatu perkara pidana. apabila terjadi tidak kesesuaian dalam laporan polisi dengan fakta yang ditemukan di TKP maka penyidik akan melakukan gelar perkara dalam menentukan apakah tindakan penyelidikan dapat ditingkatkan ketahap penyidikan. Saran Setiap anggota Kepolisian harus sesegera mungkin datang ke TKP sesaat setelah mendapatkan laporan dari masyarakat dan menjaga keaslian kondisi TKP supaya bukti-bukti yang ada padanya tidak hilang, rusak, berubah atau bertambah. Selain itu dibutuhkan petugas olah TKP yang terampil dan teliti dalam melakukan pemeriksaan TKP terhadap sarana prasarana, fasilitas-fasilitas dan alat-alat penunjang kerja tim inafis Polri dalam proses Olah TKP perlu ditingkatkan dan selalu diperbaharui serta perlunya diberikan pemahaman terhadap masyarakat secara berkala akan pentingnya keaslian TKP

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu hukum
Date Deposited: 25 Jul 2017 15:29
Last Modified: 25 Jul 2017 15:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27308

Actions (login required)

View Item View Item