Pengaruh Paparan Subletal Insektisida Klorpirifos Terhadap Rasio Konversi Pakan Dan Pertumbuhan Ikan Mas (Cyprinus Carpio L)

Dian, Paramita (2017) Pengaruh Paparan Subletal Insektisida Klorpirifos Terhadap Rasio Konversi Pakan Dan Pertumbuhan Ikan Mas (Cyprinus Carpio L). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA DIAN.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img] Text (TA FULL)
TA FULL - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh subletal insektisida klorpirifos terhadap rasio konversi pakan, dan pertumbuhan ikan mas.Konsentrasi yang digunakan 0,028 dari LC50 ikan mas. Variasi konsentrasi yang digunakan pada penelitian ini adalah 0 (kontrol), 0,002 mg/L dan 0,004 mg/L. Penelitian dilakukan secara triplo, jumlah ikan per akuarium adalah 5 ekor dan diberi aerasi kemudian dilakukan pengujian selama 14 hari. Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi dan korelasi. Hasil nilai R2 = 0,75-1 untuk hubungan lama paparan terhadap rasio konversi pakan, dan laju pertumbuhan ikan mas yang berarti memiliki korelasi kuat. Hasil penelitian didapatkan karena paparan insektisida klorpirifos pada hari ke-1 hingga hari ke-14, pada konsentrasi 0,002 mg/L terjadi peningkatan rasio konversi pakan sebesar 0,2907, dan penurunan laju pertumbuhan sebesar 1,551%; sedangkan pada konsentrasi 0,004 mg/L terjadi peningkatan rasio konversi pakan sebesar 0,3031; dan penurunan laju pertumbuhan sebesar 1,9581%. Data yang diperoleh dilakukan uji ANOVA. Nilai signifikasi pada rasio konversi pakan dan laju pertumbuhan yang didapatkan adalah <0,05 jadi terdapat pengaruh yang nyata akibat konsentrasi yang diberikan terhadap rasio konversi pakan, dan laju pertumbuhan ikan mas. Kata Kunci: Subletal, insektisida klorpirifos, konversi pakan, pertumbuhan, ikan mas

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. TIVANY EDWIN, M. Eng
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 25 Jul 2017 17:27
Last Modified: 25 Jul 2017 17:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27298

Actions (login required)

View Item View Item