ANALISIS KELONGSORAN TANAH PASIR PADA LERENG KONDISI RUNTUH dan LERENG KONDISI TIDAK RUNTUH (STA. 14 + 500) Studi Kasus : Jalan Padang - Malalak

Beno, Frandika (2017) ANALISIS KELONGSORAN TANAH PASIR PADA LERENG KONDISI RUNTUH dan LERENG KONDISI TIDAK RUNTUH (STA. 14 + 500) Studi Kasus : Jalan Padang - Malalak. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Pendahuluan)
2. Bab Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Penutup)
3. Bab Penutup.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Tugas Akhir Full Text nnn.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Longsoran merupakan bencana alam yang sering terjadi pada daerah berbukit – bukit atau pegunungan, seperti di wilayah Sumatera Barat. Material yang mengalami longsor dapat berupa tanah, batuan atau tanah dan batuan. Penyebab longsor antara lain adalah curah hujan yang tinggi, kondisi tanah dan batuan yang rentan, kegempaan yang kuat, dan kemiringan lereng yang besar. Di samping itu akibat peran manusia yang berkaitan dengan penggunaan lahan yang tidak tepat, penggundulan hutan, serta pemotongan lereng untuk pembuatan jalan . Longsor yang terjadi pada lereng jalan Padang – Malalak ini selain disebabkan kondisi tanah dan batuan yang rentan, juga akibat pemotongan lereng untuk pembuatan jalan dan pemukiman. Penelitian dilakukan untuk mengetahui kestabilan lereng dengan menghitung angka keamanan / safety factor (SF) berdasarkan nilai indeks properties tanah dan parameter kekuatan tanah. Metoda yang digunakan adalah analisa stabilitas lereng dengan metoda lereng tinggi terbatas dan menggunakan software PLAXIS 8.2.Berdasarkan hasil analisis didapatkan nilai SF lereng yang tidak aman adalah 0,7 disimpulkan bahwa lereng tidak aman atau tidak stabil karena memiliki faktor keamanan yang kecil. Untuk meningkatkan stabilitas lereng maka lereng tersebut harus diperkecil sudut kemiringannya agar lereng tersebut aman. Kata Kunci: Longsoran, Stabilitas, Lereng, Padang – Malalak , Faktor Keamanan, PLAXIS 8.2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: HENDRI GUSTI PUTRA, MT
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 25 Jul 2017 15:23
Last Modified: 28 Jul 2017 16:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27282

Actions (login required)

View Item View Item