TOTAL SOLID DAN SOLID NON FAT SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA SERTA JUMLAH TELUR CACING KAMBING DENGAN PEMBERIAN SUPLEMEN ARA SUNGSANG (Asystasia gangetica)

Irma, Yuliarni (2017) TOTAL SOLID DAN SOLID NON FAT SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA SERTA JUMLAH TELUR CACING KAMBING DENGAN PEMBERIAN SUPLEMEN ARA SUNGSANG (Asystasia gangetica). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
01 COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
02 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
03 BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
05 skripsi lengkap irma.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

TOTAL SOLID DAN SOLID NON FAT SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA SERTA JUMLAH TELUR CACING KAMBING DENGAN PEMBERIAN SUPLEMEN ARA SUNGSANG (Asystasia gangetica) Irma Yuliarni, dibawah bimbingan Dr. Ir. Hj. Elly Roza, MS dan Prof. Dr. Salam N Aritonang, MS Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2017 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Ara Sungsang (Asystasia gangetica) terhadap total solid, solid non fat dan jumlah telur cacing kambing Peranakan Etawa. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah kambing Peranakan Etawa (PE) laktasi ketiga dan keempat dengan bulan produksi kedua dan ketiga sebanyak 20 ekor dengan bobot badan kambing 40-45 kg. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu Ara Sungsang (Asystacia gangetica) sebanyak 0 kg (A), 0.25 kg (B), 0.50 kg (C), 0.75 kg (D), 1 kg (E) per ekor. Peubah yang diamati adalah total solid dan solid non fat susu serta jumlah telur cacing kambing PE. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian suplemen Ara Sungsang memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kualitas susu (total solid, solid non fat) dan jumlah telur cacing kambing PE. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian suplemen Ara Sungsang dapat meningkatkan total solid susu (12.22 - 13.58 %), solid non fat susu (7.97 - 8.55 %) dan menurunkan jumlah telur cacing kambing PE (19.25 - 2.5 telur cacing per gram) serta pemberian 1 kg Ara Sungsang memberikan hasil yang terbaik. Kata kunci : Ara Sungsang, kambing PE, total solid, solid non fat, jumlah telur cacing kambing PE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Hj. Elly Roza, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 25 Jul 2017 15:54
Last Modified: 25 Jul 2017 15:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27247

Actions (login required)

View Item View Item