PENGARUH BIOLOGICAL ASSET INTENSITY, UKURAN PERUSAHAAN, KONSENTRASI KEPEMILIKAN, DAN JENIS KAP TERHADAP PENGUNGKAPAN ASET BIOLOGIS (Pada Perusahaan Agrikultur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015)

FRIDA, AMELIA (2017) PENGARUH BIOLOGICAL ASSET INTENSITY, UKURAN PERUSAHAAN, KONSENTRASI KEPEMILIKAN, DAN JENIS KAP TERHADAP PENGUNGKAPAN ASET BIOLOGIS (Pada Perusahaan Agrikultur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Frida_Abstrak.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Frida_BAB I.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3. Frida_BAB V.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. Frida_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img] Text
5. FRIDA_Tugas Akhir Tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Badan Pusat Statistik (BPS) menyajikan data yang menunjukkan angka pertumbuhan pertanian Indonesia pada kuartal pertama tahun 2016 hanya 1,85%. Angka pertumbuhan ini mengalami penurunan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun 2015 yaitu mencapai 4,03%. Hal ini perlu menjadi perhatian bagi pemerintah, masyarakat, dan perusahaan agrikultur sendiri, karena sektor agrikultur merupakan salah satu tulang punggung dalam pembangunan perekonomian nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh biological asset intensity, ukuran perusahaan, konsentrasi kepemilikan, dan jenis KAP terhadap pengungkapan aset biologis pada perusahaan agrikultur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015. Jenis penelitian ini adalah deskriptif verifikatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh perusahaan agrikultur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dimana sampel dipilih dengan metode purposive sampling. Dengan metode ini menghasilkan sampel penelitian berjumlah 18 perusahaan. Metode pengumpulan data dengan metode dokumenter. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biological asset intensity, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan aset biologis. Konsentrasi kepemilikan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan aset biologis, dan jenis KAP berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan aset biologis pada perusahaan agrikultur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015. Kata Kunci: Biological asset intensity, ukuran perusahaan, konsentrasi kepemilikan, jenis KAP, pengungkapan aset biologis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 25 Jul 2017 14:50
Last Modified: 25 Jul 2017 14:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27207

Actions (login required)

View Item View Item