Pengaruh Imbangan Limbah penyulingan Serai Wangi (Cymbopogon nardus L) amoniasi dengan Konsentrat dalam ransum terhadap kecernaan serat kasar, lemak kasar dan BETN secara in vitro

Indah, Sartika (2017) Pengaruh Imbangan Limbah penyulingan Serai Wangi (Cymbopogon nardus L) amoniasi dengan Konsentrat dalam ransum terhadap kecernaan serat kasar, lemak kasar dan BETN secara in vitro. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Abstrak)
01 Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 ( Pendahuluan))
02 Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutup/Kesimpulan))
03 Bab Akhir dan Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full)
05 Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh imbangan limbah penyulingan serai wangi amoniasi dengan konsentrat dalam ransum terhadap kecernaan serat kasar, lemak kasar dan BETN. Penelitian ini dilaksanaka dengan metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan 4 macam ransum sebagai perlakuan yaitu : A (LPSWA 40% + Konsentrat 60%, B (LPSWA 50% + Konsentrat 50%), C (LPSWA 60% + Konsentrat 40%), D (LPSWA 70% + Konsentrat 30%) dan 4 kelompok pengambilan cairan rumen sebagai ulangan. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa imbangan LPSWA dengan konsentrat dalam ransum memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap kecernaan serat kasar, lemak kasar dan BETN. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan level limbah penyulingan serai wangi amoniasi sampai level 70% dalam ransum komplit ternak ruminansia tidak mempengaruhi kecernaan serat kasar, lemak kasar, dan BETN secara in vitro. Kata kunci :limbah penyulingan serai wangi, amoniasi, kecernaan, SK, LK, BETN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Erpomen, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 25 Jul 2017 12:43
Last Modified: 25 Jul 2017 12:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27172

Actions (login required)

View Item View Item