ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DAN MASALAH FINANCIAL DISTRESS (Studi Kasus Perusahaan-Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di BEI Periode 2011 – 2015)

Irene, Wijaya (2017) ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DAN MASALAH FINANCIAL DISTRESS (Studi Kasus Perusahaan-Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di BEI Periode 2011 – 2015). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
bab1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
bab5 Penutup.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
tesis full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Analisis laporan keuangan dapat digunakan untuk memprediksi masa depan perusahaan, sedangkan dari sudut manajemen, analisis dari informasi laporan keuangan digunakan untuk membantu mengantisipasi kondisi perusahaan di masa depan dimana informasi tersebut nantinya akan digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam proses pengambilan keputusan yang dapat mempengaruhi kondisi perusahan di masa depan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memprediksi kondisi financial distress pada perusahaan – perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI periode 2011 – 2015 dengan menggunakan model Altman, model Springate dan Model Zmijewski. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu data keuangan perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2015. Data laporan keuangan diperoleh dari publikasi Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Altman lebih akurat dari model lainnya dalam memprediksi peluang kebangkrutan suatu perusahaan. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yakni model Altman mampu memprediksi lebih banyak perusahaan yang akan mengalami kebangkrutan dibandingkan dengan kedua metode lainnya yakni springate dan zmijewski. Selain itu hasil uji R-square ketiga metode tersebut menunjukkan Altman sebagai metode yang paling besar pengaruhnya terhadap indeks harga saham dibanding dengan dua metode lainnya. Kata kunci : Laporan Keuangan, financial distress, model Altman, model Springate dan Model Zmijewski.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Syukri Lukman, SE, MS
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 magister manajemen
Date Deposited: 24 Jul 2017 15:23
Last Modified: 24 Jul 2017 15:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26819

Actions (login required)

View Item View Item