PENGARUH LAMA FERMENTASI DENGAN Lentinus edodes TERHADAP KANDUNGAN HEMISELULOSA, LEMAK KASAR DAN ENERGI METABOLISME DARI BUNGKIL INTI SAWIT

Annita, Syafei (2017) PENGARUH LAMA FERMENTASI DENGAN Lentinus edodes TERHADAP KANDUNGAN HEMISELULOSA, LEMAK KASAR DAN ENERGI METABOLISME DARI BUNGKIL INTI SAWIT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK pdf.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB 1 pdf.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
bab akhir penutup kesimpulan pdf.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi annita syafei.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PENGARUH LAMA FERMENTASI DENGAN Lentinus edodes TERHADAP KANDUNGAN HEMISELULOSA, LEMAK KASAR DAN ENERGI METABOLISME DARI BUNGKIL INTI SAWIT Annita Syafei1), Nuraini2), Ade Djulardi2) 1)Mahasiswa Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Padang, 2017 2)Bagian Nutrisi Dan Teknologi Pakan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Kampus Limau Manis Padang ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama fermentasi dengan Lentinus edodes terhadap kandungan hemiselulosa, lemak kasar dan energi metabolisme dari bungkil inti sawit. Penelitian ini menggunakan bungkil inti sawit (BIS) sebagai substratnya dan kapang yang digunakan adalah Lentinus edodes. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah lama fermentasi A = 7 hari, B = 9 hari, C = 11 hari, D = 13 hari dan E = 15 hari. Parameter yang diukur yaitu kandungan hemiselulosa, lemak kasar dan energi metabolisme. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa lama fermentasi BIS dengan Lentinus edodes memberikan pengaruh yang berbeda nyata (P<0,05) terhadap kandungan hemiselulosa dan lemak kasar dan memberikan pengaruh yang berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan energi metabolisme. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu lama fermentasi 9 hari merupakan waktu fermentasi yang cocok dan efisien dari bungkil inti sawit fermentasi dengan Lentinus edodes. Pada konsisi ini dipeloleh kandungan hemiselulosa 23,91%, lemak kasar 8,07 (%BK) dan energi metabolisme 2358,90 Kkal/kg. Kata Kunci : BIS, energi metabolisme, hemiselulosa, lemak kasar, Lentinus edodes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Nuraini, M.S
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 24 Jul 2017 14:39
Last Modified: 24 Jul 2017 14:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26799

Actions (login required)

View Item View Item