PENJERNIHAN AIR SUMUR MENJADI AIR LAYAK PAKAI DENGAN MEMANFAATKAN KARANG DAN CANGKANG LANGKITANG (Faunus Ater) MENGGUNAKAN KOLOM

Niko, Dwinanta Barus (2017) PENJERNIHAN AIR SUMUR MENJADI AIR LAYAK PAKAI DENGAN MEMANFAATKAN KARANG DAN CANGKANG LANGKITANG (Faunus Ater) MENGGUNAKAN KOLOM. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Kover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img] Text (Skri[si)
Skripsi Niko Barus FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Air merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi kebutuhan manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Untuk meningkatkan kualitas air, maka telah dilakukan penelitian penjernihan air sumur dengan memanfaatkan karang dan cangkang langkitang menggunakan kolom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjernihkan air sumur menjadi air layak pakai dengan variasi massa adsorben yang digunakan . Parameter air yang dianalisis dalam penelitian ini adalah pH, TSS, kekeruhan, nitrat, nitrit, warna dan besi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa karang maupun cangkang langkitang dapat meningkatkan kualitas air sumur. Efisiensi penjernihan air sumur dengan menggunakan karang berkisar dari 54,8% sampai 99,6% sedangkan dengan menggunakan cangkang langkitang berkisar dari 77,7% sampai 99,4%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil air sumur yang telah diolah sesuai dengan Permenkes RI No 492/Menkes/Per/IV/ 2010 tentang standar air minum dan layak dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Kata Kunci: karang, cangkang langkitang, air sumur, kolom.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Rahmiana Zein Ph.D
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 24 Jul 2017 12:23
Last Modified: 24 Jul 2017 12:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26795

Actions (login required)

View Item View Item