PENEGAKAN HUKUM OLEH POLISI TERHADAP PELAKU PELANGGARAN LALU LINTAS KENDARAAN RODA DUA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (STUDI DI POLRES SIJUNJUNG)

NOLA, MAILANDA (2017) PENEGAKAN HUKUM OLEH POLISI TERHADAP PELAKU PELANGGARAN LALU LINTAS KENDARAAN RODA DUA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (STUDI DI POLRES SIJUNJUNG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak N.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada zaman sekarang ini pelanggaran lalu lintas bukan hanya dilakukan oleh orang dewasa saja tetapi juga dilakukan oleh anak yang masih dibawah umur, padahal telah dijelaskan bahwa anak dibawah umur belum diperbolehkan mengendarai kendaraan bermotor. Berdasarkan uraian diatas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh anak?. 2) Kendala apa saja yang dihadapi oleh polisi dalam penegakan hukum terhadap anak yang melakukan pelanggaran lalu lintas?. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Satuan Lalu Lintas Polres Sijunjung. Penulis melakukan tipe penelitian empiris dengan metode pendekatan masalah yuridis sosiologis. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang didapat dari hasil penelitian langsung di lapangan (field research) dan data sekunder yaitu informasi-informasi dari bahan studi kepustakaan yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Dari penelitian yang dilakukan oleh penulis di Polres Sijunjung didapat data bahwaPenegakanhukum yang dilakukan oleh polisi untuk mengatasi pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh anak yaitu, Preventif berupa menghimbau kepada orang tua agar selalu mengawasi anak-anaknya, memberikan penyuluhan ke sekolah-sekolah, menasehati anak jika kedapatan melakukan pelanggaran lalu lintas,dan memberi peringatan. Represif yaitu dilakukan peneguran kepada anak, dan jika diulangi maka anak tersebut ditilang. Kendala yang dihadi oleh polisi dalam penegakan hukum lalu lintas terhadap anak adalah kurangnya kesadaran hukum pada anak, keberatan jika ditilang, tidak mau menerima surat tilang, tidak mau menandatangani surat tilang, kekurangan personil. Kata kunci : penegakan hukum, polisi, pelanggaran lalu lintas, anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. A. IRZAL RIAS, SH,. MH
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 15 Aug 2017 14:31
Last Modified: 15 Aug 2017 14:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26772

Actions (login required)

View Item View Item