studi eksperimental kapasitas lentur pada pelat strip komposit beton baja ringan tanpa dan dengan tulangan D10

Annisya, Falensy (2017) studi eksperimental kapasitas lentur pada pelat strip komposit beton baja ringan tanpa dan dengan tulangan D10. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
TA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan konstruksi struktur bangunan saat ini pada umumnya pada struktur beton bertulang yaitu struktur beton-baja konvensional. Penelitian dimaksudkan untuk mengembangkan teknologi komposit beton-baja ringan. Dalam penelitian ini membahas tentang hasil studi eksperimental kapasitas lentur pada pelat strip komposit beton-baja ringan tanpa dan dengan tulangan tekan D10. Struktur komposit yang sedang berkembang pada saat ini yaitu struktur komposit beton baja ringan. Baja ringan adalah material yang bersifat tipis dan ringan. Profil baja ringan yang digunakan profil berbentuk kanal dengan ukuran 75 mm x 35 mm dengan ketebalan 0.75 mm merk TASO. Profil baja ringan tersebut diposisikan pada bagian bawah atau tarik dari pelat sehingga bisa berfungsi sebagai tulangan tarik dan bekisting. Tulangan D10 diposisikan pada bagian atas atau sebagai tulangan tekan. Spesimen yang di uji berjumlah 6 buah spesimen dengan 3 variasi ketebalan yaitu 80 mm, 100 mm, 120 mm. Pengujian dilakukan dan didapatkan hasil beban maksimum yang dipikul serta lendutan maksimum yang terjadi pada masing masing spesimen. Pengujian kuat tekan beton menghasilkan nilai rata rata kuat tekan beton sebesar 25,1 Mpa, pengujian kuat tarik baja ringan didapat fy sebesar 528,306 Mpa sedangkan untuk baja tulangan nilai fy sebesar 378,818 Mpa. Prilaku lentur yang ditinjau berdasarkan pola retak yaitu retak geser dan retak lentur. Perbandingan beban maksimum rata rata sebesar 2,96% yang tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kekakuan dan kekuatan. Kata Kunci : Komposit beton baja ringan, pelat strip, lendutan maksimum, beban maksimum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: SABRIL HARIS HG, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 24 Jul 2017 12:50
Last Modified: 24 Jul 2017 12:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26710

Actions (login required)

View Item View Item