PERBEDAAN PENGETAHUAN SIKAP DAN TINDAKAN KELUARGA ANTARA PREVALENSI KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) YANG TINGGI DENGAN RENDAH DI KOTAPADANG TAHUN 2017

Riry, Ayuza Putri (2017) PERBEDAAN PENGETAHUAN SIKAP DAN TINDAKAN KELUARGA ANTARA PREVALENSI KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) YANG TINGGI DENGAN RENDAH DI KOTAPADANG TAHUN 2017. universitas andalas. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. COVER SKRIPSI ABRAK.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 7)
bab kesimpulan.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
pustaka.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

PROGRAM STUDI S1 ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS SKRIPSI, JULI 2017 Nama : Riry Ayuza Putri BP : 1311311070 PERBEDAAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN KELUARGA ANTARA PREVALENSI KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) YANG TINGGI DENGAN RENDAH DIKOTA PADANG TAHUN 2017 ABSTRAK Angka kejadian demam berdarah dengue (DBD) dikelurahan Kuranji lebih tinggi dibandingkan dengan kelurahan Bungus Selatan, kejadian ini disebabkan oleh partisipasi keluarga kelurahan Kuranji kurang dibandingkan kelurahan Bungus Selatan, kurangnya informasi dari petugas kesehatan dikuranji dan jumlah penduduk dikelurahan Kuranji lebih padat dibandingkan dengan kelurahan Bungus Selatan. Kejadian kasus DBD dipengaruhi oleh pengetahuan, sikap dan tindakan keluarga dalam pencegahan kasus DBD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap, dan tindakan keluarga antara prevalensi kejadian DBD yang tinggi dengan rendah di Kota Padang tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah analitik komperatif dengan pendekatan cros sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah keluarga yang ada dikelurahan Kuranji dan kelurahan Bungus Selatan, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah adalah probability sampling yaitu multistage random sampling dengan sampel sebanyak 94KK kelurahan Kuranji dan 94KK dikelurahan Bungus Selatan sehingga total sampel 188KK. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 12-23 Juni 2017. Analisa data menggunakan uji one away anova (p<0,05). Hasil peneliian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pengetahuan, sikap dan tindakan keluarga antara prevalensi kejadian DBD yang tinggi dengan rendah di kota Padang, dengan adanya perbedaan pengetahuan (0,001), perbedaan sikap (0,001) dan perbedaan tindakan (0,000). Disarankan pada keluarga hendaknya mencari informasi mengenai penyakit DBD dan rutin melakukan pencegahan penyakit DBD, untuk menambah pengetahuan keluarga dalam mengurangi kasus DBD. Sehingga angka kejadian DBD dapat berkurang. Kata Kunci : Demam Berdarah Dengue, Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Daftar Pustaka : 40 (2002-2016)

Item Type: Other
Primary Supervisor: Ns. Rika Fatmadona, M.kep, Sp.Kep, MB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 25 Jul 2017 16:32
Last Modified: 25 Jul 2017 16:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26674

Actions (login required)

View Item View Item