HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DIRSUP DR M. DJAMIL PADANG TAHUN 2017

EGA, SILVIA ROZA (2017) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DIRSUP DR M. DJAMIL PADANG TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (1. Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2. Bab 1 (Pendahuluan))
2. Bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3. Bab 7 (Penutup))
3. Bab 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4. Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img] Text (5. Skripsi fulltext)
5. Skripsi Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Beberapa pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis memiliki efikasi diri yang rendah (40%). Hal ini terlihat dari ketidakyakinan pasien dalam melakukan tindakan yang mendukung penanganan penyakit dan hemodialisisnya, seperti dalam memanajemen diri dan pembatasan cairan. Rendahnya efikasi diri pasien gagal ginjal kronis yang menjalani hemodialisis akan berdampak buruk pada manajemen penyakit gagal ginjal kronik yang berisiko terhadap penurunan kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronis yang menjalani hemodialisis di RSUP DR M. Djamil Padang tahun 2017. Penelitian ini menggunakan rancangan korelasi pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 63 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner untuk melihat efikasi diri dan kualitas hidup pasien. Hasil pengukuran data dianalisa menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian didapatkan adanya hubungan bermakna antara efikasi diri dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronis yang menjalani hemodialisis (p = 0,000) dengan arah hubungan positif dan kekuatan korelasi sedang (r = 0,466). Dianjurkan bagi perawat atau petugas kesehatan untuk meningkatkan keyakinan diri pasien GGK yang menjalani hemodialisis dengan meningkatkan pemahaman pasien melalui pendidikan kesehatan untuk meningkatkan efikasi diri. Kata Kunci : Gagal ginjal kronis, efikasi diri, kualitas hidup, hemodialisis Daftar Pustaka : 50 (1997-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hema Malini, MN, PhD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 26 Jul 2017 10:29
Last Modified: 26 Jul 2017 10:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26614

Actions (login required)

View Item View Item