PEMANFAATAN SISA PANEN BENGKUANG (Pachyrhizus erosus ) DALAM RANSUM RUMINANSIA TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK, DAN PROTEIN KASAR SECARA IN-VITRO

Suriyanti, Suriyanti (2017) PEMANFAATAN SISA PANEN BENGKUANG (Pachyrhizus erosus ) DALAM RANSUM RUMINANSIA TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK, DAN PROTEIN KASAR SECARA IN-VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
bab akhir.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
skripsi fulll.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memanfaatkan sisa panen bengkuang (Pachyrhizus erosus) dalam ransum ternak ruminansia terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik dan protein kasar secara in–vitro. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 4 kelompok pengambilan cairan rumen, yaitu (A) rumput lapangan 60%+ 40% konsentrat, (B) rumput lapangan 50% + 10 % sisa panen bengkuang + 40% konsentrat , (C) rumput lapangan 40% + 20 % sisa panen bengkuang + 40 % konsentrat, (D) rumput lapangan 30% + 30 % sisa panen bengkuang + 40% konsentrat. Peubah yang diamati adalah kecernaan bahan kering, bahan organik, dan protein kasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sisa panen bengkuang (Pachyrhizus erosus) dalam ransum ruminansia memberikan pengaruh yang berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik, dan protein kasar. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan sisa panen bengkuang (Pachyrhizus erosus) dapat di gunakan sampai 30%sebagai pengganti rumput dalam ransum ternak ruminansia, karena belum berpengaruh terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik dan protein kasar sacara in–vitro. . Kata Kunci : In-vitro, kecernaan, ransum, sisa panen bengkuang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Elihasridas, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 24 Jul 2017 16:29
Last Modified: 24 Jul 2017 16:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26592

Actions (login required)

View Item View Item