PENGARUH METODE PEER EDUCATION TENTANG MENSTRUAL HYGIENE TERHADAP PERILAKU PADA SISWI MTsN1 PAYAKUMBUH

Uci, Sri Wahyuni (2017) PENGARUH METODE PEER EDUCATION TENTANG MENSTRUAL HYGIENE TERHADAP PERILAKU PADA SISWI MTsN1 PAYAKUMBUH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB AKHIR.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PROGRAM STUDI S1 ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS JULI 2017 Nama : Uci Sri Wahyuni Nomor BP : 1311311082 Pengaruh Metode Peer Education Tentang Menstrual Hygiene Terhadap Perilaku pada Siswi MTsN 1 Payakumbuh ABSTRAK Menstrual hygiene menjadi aspek penting dari pendidikan kesehatan reproduksi untuk remaja karena jika tidak diterapkan dengan benar dapat berisiko terkena infeksi saluran reproduksi. Pendidikan kesehatan yang bisa dilakukan adalah metode peer education yang melibatkan teman sebaya untuk mendorong terjadinya perubahan positif remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode peer education tentang menstrual hygiene terhadap perilaku (pengetahuan, sikap, tindakan) pada siswi MTsN 1 Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimental dengan pendekatan One-Group Pre-Post test dengan sampel yaitu 16 orang siswi kelas VII yang telah mengalami menstruasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner tentang pengetahuan, sikap dan tindakan menstrual hygiene. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan Paired T-test dengan hasil untuk pengetahuan diperoleh perbedaan rata-rata signifikan dengan nilai pengetahuan p=0.000;p<0,05, untuk sikap dan tindakan diperoleh perbedaan rata-rata signifikan dengan nilai sikap p=0,000 ; p< 0,05 dan nilai tindakan p=0,000; p<0,05 ini berarti peer education mempengaruhi terhadap perilaku menstrual hygiene. Pendidikan kesehatan dengan metode peer education tentang menstrual hygiene secara berkelompok membuat seorang siswi memperoleh pengetahuan yang akan berdampak positif pada sikap dan tindakan siswi. Sangat diharapkan sekolah untuk memfasilitasi program peer education untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan siswi mengenai menstrual hygiene. Kata kunci : Peer Education, Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Menstrual Hygiene DaftarPustaka : 66 (2003-2016) UNDERGRADUATED NURSING PROGRAM FACULTY OF NURSING ANDALAS UNIVERSITY 2017 Name : Uci Sri Wahyuni Registered number : 1311311082 The Effect of peer education method about menstrual hygiene on the behavior of female students of MTsN 1 Payakumbuh ABSTRACT Menstrual hygiene is an important aspect in reproductive health education for adolescents because it can cause reproductive tract infection if it is not applied properly. One of health education method that can be thoughtthem is peer education method. Peer education method involves peers to encourage positive change of adolescent. The purpose of this research is to find out the influence of peer education method about menstrual hygiene toward the behavior (knowledge, attitude, practice) on students of MTsN 1 Payakumbuh. This research used pre-experimental research design in One-Group Pre-Post test approach by using students of class VII which has experienced menstruation counted 16 people as sample. The instrument used in this research is questionnaire about knowledge, attitude and action of menstrual hygiene. Data were analyzed by using Wilcoxon test and Paired T-Test for knowledge and obtained differentsignificant mean with knowledge value p = 0.000, p <0,05, for attitude and action test is used and found outdifferent significant mean with attitude value p = 0,000 ; P <0.05 and the action value p = 0,000; P <0.05 this means peer education affects menstrual hygiene behavior of adolescents. Health education with peer education method about menstrual hygiene in groups makes a student gain knowledge which will have positive impact toward the student’s attitude and behavior. It is hoped schools can provide facility in form of peer education program so that the students can improve their knowledge, attitude and practice about menstrua hygiene. Keywords :Peer Education, Knowledge, Attitude, Practice, Menstrual Hygiene Bibliography: 66 (2003-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. LILI FAJRIA, S.Kep, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 24 Jul 2017 10:26
Last Modified: 24 Jul 2017 10:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26515

Actions (login required)

View Item View Item