PERAN MEDIA MASSA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN PETERNAK AYAM RAS PEDAGING DI KOTA PADANG

YESMITA, ANUGRAH (2015) PERAN MEDIA MASSA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN PETERNAK AYAM RAS PEDAGING DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
782.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik peternak ayam ras pedaging dan kaitannya dengan pemanfaatan media massa (cetak dan elektronik) dan peran media massa (cetak dan elektronik) dalam meningkatkan pengetahuan peternak ayam ras pedaging di Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2015 dengan metode survey, melalui daftar pertanyaaan (kuisioner) pada 50 orang peternak ayam ras pedaging. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan responden ditentukan dengan kuota sampling. Variabel penelitian yaitu karakteristik peternak, jenis media massa dan rubrik yang tersedia, frekuensi pemanfaatan media massa dan peran media massa dalam meningkatkan pengetahuan peternak ayam ras pedaging yang berpedoman pada Undang-undang Republik Indonesia No.40 tahun 1999 tentang Pers. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan skala linker. Hasil penelitian didapatkan bahwa karakteristik peternak ayam ras pedaging yaitu umur 20- 59 tahun 43 orang atau 86,00% dan >50 tahun 7 orang atau 14,00%. Pendidikan SD 9 orang atau 18,00%, SMP 8 orang atau 16,00%, SLTA 28 orang atau 56,00% dan perguruan tinggi 5 orang atau 10,00%. Jenis kelamin laki-laki 36 orang atau 72,00% dan perempuan 14 orang atau 28,00%. Pekerjaan PNS 3 orang atau 6,00%, wiraswasta 6 orang atau 12,00%, pedagang 9 orang atau 18,00%, petani 4 orang atau 8,00%, peternak 20 orang atau 40,00% dan lainnya 8 orang atau 16,00%. Pengalaman beternak <5 tahun 26 orang atau 52,00%, 5-10 tahun 12 orang atau 24,00% dan >10 tahun 12 orang atau 24,00%. Skala usaha <5.000 ekor 21 orang atau 42,00%, 5.000- 10.000 ekor orang atau 42,00% dan >10.000 8 orang atau 16,00%. Karakteristik berkaitan erat dengan media massa karena karakteristik yang paling dekat kaitannya dengan peternak. Media massa kurang berperan secara optimal dalam meningkatkan pengetahuan peternak ayam ras pedaging diKota Padang. Kata Kunci : ayam ras pedaging, peran media massa, pengetahuan, peternak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Ms Lyse Nofriadi
Date Deposited: 02 Mar 2016 02:19
Last Modified: 02 Mar 2016 02:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/2651

Actions (login required)

View Item View Item