PENGARUH LAMA FERMENTASI DENGAN Lentinus edodes TERHADAP AKTIVITAS ENZIM SELULASE, KANDUNGAN SERAT KASAR DAN KECERNAAN SERAT KASAR DARI BUNGKIL INTI SAWIT (BIS)

Putri, Oktavially (2017) PENGARUH LAMA FERMENTASI DENGAN Lentinus edodes TERHADAP AKTIVITAS ENZIM SELULASE, KANDUNGAN SERAT KASAR DAN KECERNAAN SERAT KASAR DARI BUNGKIL INTI SAWIT (BIS). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1.cover DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB 1.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
bab 5.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama fermentasi dengan Lentinus edodes terhadap aktivitas enzim selulase, kandungan serat kasar dan kecernaan serat kasar dari bungkil inti sawit (BIS). Penelitian ini menggunakan bungkil inti sawit (BIS) sebagai substratnya dan jamur yang digunakan adalah Lentinus edodes. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dirancang dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 Perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah lama fermentasi A = 7 hari, B = 9 hari, C =11 hari, D = 13 hari, dan E =15 hari. Parameter yang diukur yaitu aktivitas enzim selulase, kandungan serat kasar dan kecernaan serat kasar pada ternak unggas. Hasil analisis keragaman menunjukan bahwa lama fermentasi BIS dengan Lentinus edodes memberikan pengaruh yang berbeda nyata (P<0,05) terhadap aktivitas enzim selulase dan memberikan pengaruh yang berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap serat kasar dan kecernaan serat kasar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bungkil inti sawit (BIS) fermentasi dengan Lentinus edodes pada lama fermentasi 9 hari merupakan kondisi optimal yang lebih efisien. Pada kondisi ini diperoleh aktivitas enzim selulase 5,05 U/ml, kandungan serat kasar 8,65%, dan kecernaan serat kasar 57,33%. Kata Kunci : Aktivitas enzim selulase, BIS , kecernaan serat kasar, Lentinus edodes, serat kasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr.Ir. Nuraini, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 25 Jul 2017 11:26
Last Modified: 25 Jul 2017 11:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26440

Actions (login required)

View Item View Item