PENGARUH LAMA FERMENTASI DENGAN Lentinus edodes TERHADAP KANDUNGAN SELULOSA, AKTIVITAS ENZIM LAKASE DAN KANDUNGAN LIGNIN DARI BUNGKIL INTI SAWIT

Nessa, Aprilla (2017) PENGARUH LAMA FERMENTASI DENGAN Lentinus edodes TERHADAP KANDUNGAN SELULOSA, AKTIVITAS ENZIM LAKASE DAN KANDUNGAN LIGNIN DARI BUNGKIL INTI SAWIT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1.cover DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB 1.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup/Kesimpulan))
bab 5.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama fermentasi dengan Lentinus edodes terhadap kandungan selulosa (%), aktivitas enzim lakase (U/ml), dan kandungan lignin (%) dari bungkil inti sawit. Materi penelitian ini menggunakan bungkil inti sawit (BIS) sebagai substratnya dan jamur yang digunakan adalah Lentinus edodes. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah lama fermentasi A = 7 hari, B = 9 hari, C =11 hari, D = 13 hari, dan E =15 hari. Peubah yang diamati yaitu kandungan selulosa, aktivitas enzim lakase, dan kandungan lignin. Hasil analisis ragam menunjukan bahwa lama fermentasi BIS dengan Lentinus edodes memberikan pengaruh yang berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan selulosa dan pengaruh yang berbeda nyata (P<0,05) terhadap aktivitas enzim lakase, dan kandungan lignin. Berdasarkan hasil uji DMRT menyatakan bahwa lama fermentasi 9 hari sangat nyata (P<0,01) lebih rendah terhadap kandungan selulosa,nyata (P<0,05) lebih tinggi terhadap aktivitas enzim lakase dan nyata (P<0,05) lebih rendah terhadap kandungan lignin. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu BIS fermentasi dengan Lentinus edodes pada lama fermentasi 9 hari merupakan kondisi optimal yang lebih efisien. Pada kondisi ini diperoleh kandungan selulosa 17,32%, aktivitas enzim lakase 18,9 U/ml , dan kandungan lignin 8,10%. Kata Kunci : BIS, Enzim Lakase, Lentinus edodes, Lignin ,Selulosa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr.Ir. Nuraini, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 24 Jul 2017 14:42
Last Modified: 24 Jul 2017 14:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26433

Actions (login required)

View Item View Item