UPAYA KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI WILAYAH HUKUM POLRES PADANG PANJANG

ferdinand, ferdinand (2017) UPAYA KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI WILAYAH HUKUM POLRES PADANG PANJANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pencurian kendaraan bermotor roda dua merupakan tindak pidana yang menonjol dan mendominasi angka kriminalitas di berbagai wilayah Indonesia termasuk di wilayah Padang Panjang yang mendapatkan perhatian serius oleh Pemeritah Kota Padang Panjang beserta aparatnya yakni Polres Padang Panjang. Tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua merupakan kejahatan terhadap harta kekayaan orang yang dapat menimbulkan rasa tidak aman dan meresahkan masyarakat, rasa tidak aman tersebut didapat oleh masyarakat karena maraknya tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua di Tahun 2013 42 kasus, Tahun 2014 32 kasus, Tahun 2015 73 kasus, dan Tahun 2016 (Januari-Agustus) 34 kasus. Peristiwa tersebut sangat mengganggu tatanan norma dalam kehidupan masyarakat, karena masyarakat ingin hidup aman dan jauh dari segala bentuk tindak pidana yang dapat mengganggu rasa aman dari masyarakat tersebut. Maka perlunya aparat penegak hukum terutama kepolisian dalam menanggulangi maraknya tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua tersebut demi terjaganya keamanan dan tertib hukum dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa apa saja bentuk upaya penanggulangan yang dilakukan oleh aparat Polres Padang Panjang, lalu apa kendala kepolisian dalam upaya penanggulangan tersebut dan bagaimana kepolisian mengatasi kendala yang ditemui. Penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis, yaitu penelitian lapangan untuk memperoleh data primer dan sekunder berupa buku, dokumen dan hasil wawancara dengan narasumber terkait skripsi ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua di wilayah hukum Polres Padang Panjang, faktor internal: faktor ekonomi,faktor pendidikan, faktor moral pelaku, faktor eksternal: faktor kelalaian masyarakat, faktor lingkungan tempat tinggal dan sosial (pergaualan), dan faktor penegak hukum. Bentuk upaya penanggulangan yang dilakukan Polres Padang Panjang yakni dengan cara preventif dan represif. Kendala yang dihadapi masyarakat kurang tanggap melapor, masyarakat enggan menjadi saksi, sulit mencari barang bukti, jaringan pencurian tersebut luas, dan kurangnya personil kepolisian Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Apriwal Gusti, S.H.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 21 Jul 2017 16:00
Last Modified: 21 Jul 2017 16:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26401

Actions (login required)

View Item View Item