Bakteri Endofitik Penghasil Antibiotika dari Tumbuhan Sirih (Piper betle L.) di Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi Universitas Andalas

Nespy, Permata Sari (2017) Bakteri Endofitik Penghasil Antibiotika dari Tumbuhan Sirih (Piper betle L.) di Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir (penutup/kesimpulan))
bab akhir (penutupkesimpulan).pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian “Bakteri Endofitik Penghasil Antibiotika dari Tumbuhan Sirih (Piper betle L.) di Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi (HPPB)” telah dilaksanakan dari bulan Oktober sampai Desember 2016 di Laboratorium Riset Mikrobiologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini menggunakan metoda survei dan eksperimen dengan analisa data secara deskriptif. Seleksi bakteri penghasil antibiotika dilakukan dengan metode kertas cakram menggunakan bakteri uji Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Hasil penelitian telah berhasil diisolasi sebanyak 11 isolat bakteri penghasil antibiotika dari daun Sirih , dengan 4 isolat bakteri dapat menghambat pertumbuhan bakteri uji E. coli, 4 isolat aktif terhadap S.aureus dan 3 isolat aktif terhadap kedua bakteri uji E. coli dan S.aureus. Isolat BES-02 paling potensial menghambat pertumbuhan bakteri uji E. coli , dan isolat BES-03 paling potensial menghambat pertumbuhan bakteri uji S. aureus. Karakteristik 11 isolat yang didapatkan semua isolat memiliki bentuk sel coccus, bersifat Gram negatif, elevasi timbul, 4 isolat memiliki pinggiran rata, dan 5 isolat dengan pinggiran bergerigi dan 2 isolat dengan pinggiran tidak teratur. Bentuk koloni bakteri, 7 isolat berbentuk bulat dan 4 isolat berbentuk tidak teratur, dari warna koloni 8 isolat berwana putih, dan 2 isolat berwarna cream, dan 1 berwarna kuning. Keyword : Bakteri endofitik, Antibiotika, Sirih, HPPB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: NESPY PERMATA SARI
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: s1 biologi biologi
Date Deposited: 21 Jul 2017 11:38
Last Modified: 21 Jul 2017 11:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26264

Actions (login required)

View Item View Item