PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK HIDROKSIAPATIT CANGKANG KERANG DARAH PADA RESIN AKRILIK BAHAN PEMBUAT GIGI TERHADAP SIFAT MEKANIK UNTUK APLIKASI GIGI TIRUAN

Afrizal, Afrizal (2017) PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK HIDROKSIAPATIT CANGKANG KERANG DARAH PADA RESIN AKRILIK BAHAN PEMBUAT GIGI TERHADAP SIFAT MEKANIK UNTUK APLIKASI GIGI TIRUAN. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text
Cover dan Abstrak Tesis 20 Juli.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img] Text
TESIS Afrizal S2 Teknik Mesin 1221223306.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada saat ini resin akrilik merupakan bahan utama untuk pembuatan gigi tiruan. Namun, bahan resin akrilik untuk gigi buatan ini sulit di peroleh dan harus diimpor dengan harga yang mahal. Untuk itu diperlukan usaha mencari alternatif bahan pengganti yang mempunyai biokompatibitas baik terhadap tubuh manusia salah satunya bahan dari hidroxsiapatit (HA). HA adalah kalsium fosfat dengan formula kimia Ca10(PO4)6(OH)2 banyak digunakan dalam bidang kedokteran dan kedokteran gigi sebagai tulang buatan dan akar gigi tiruan. HA bisa didapatkan dari tulang, gigi binatang, cangkang telur, kerang dan sebagainya. Bahan tersebut tersedia melimpah di Indonesia, namum belum termanfaatkan dengan baik. Salah satu yang cukup berpotensi adalah cangkang kerang. Serbuk HA yang diperoleh dari cangkang kerang akan digunakan sebagai pencampur bahan gigi tiruan impor (sintetis). Dengan substitusi bahan impor dengan serbuk HA dari cangkang kerang, diharapkan ketergantungan bahan impor bisa dikurangi. Material dari kerang darah yang dikoleksi dari Kuala tungkal Jambi dicuci kemudian dikeringkan, setelah itu dihaluskan dengan ditumbuk, dihaluskan dengan pulvarizer, kemudian dilanjutkan dengan ball mill hingga diperoleh serbuk dengan kehalusan hingga 62 µm. Serbuk kerang darah dikalsinasi di dalam furnace pada temperatur 200, 400, 600 dan 800 oC dengan waktu pemanasan 30 menit dan waktu istirahat 10 menit, selanjutnya serbuk HA yang diperoleh dari proses pemanasan ini, siap digunakan sebagai kalsium sumber sintetis. Serbuk Hidroksiapati cangkang kerang darah (HACK) kemudian dicampur dengan Tepung akrilik resin bahan pembuat gigi (TRA) dan Cairan Akrilik Resin (CRA) dengan persentase berat campuran masing-masing divariasikan. Campuran ketiga bahan ini selanjutnya dicetak menurut ukuran (dia. 10x10mm) kemudian dikeringkan di dalam alat pengering (magic com). Sampel yang telah jadi dikarakterisasi untuk mengetahui sifat-sifat mekaniknya. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa campuran serbuk HA dari cangkang kerang darah (HACK) dengan tepung resin akrilik (TRA) menghasilkan kekuatan tekan hingga 176 MPa dan kekerasan hingga 0,26 GPa. Dari kekuatan tekan sudah memenuhi persyaratan sebagai material penambah dalam pembuatan gigi tiruan sedangkan kekerasan belum memenuhi persyaratan. Oleh sebab itu perlu diteliti lebih lanjut untuk meningkatkan pengaruh kekerasan HACK terhadap TRA sehingga dapat memenuhi syarat sebagai bahan penambah material gigi tiruan. Kata kunci: Hidroksiapatit , HACK, TRA, sifat mekanik.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Eng. Gunawarman. MT
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s2 teknik mesin
Date Deposited: 20 Jul 2017 13:25
Last Modified: 20 Jul 2017 13:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26212

Actions (login required)

View Item View Item