Hubungan Kebersihan Jamban dan Kualitas Jamban dengan Kejadian Diare pada Balita di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Adeliyani, Widyasari (2017) Hubungan Kebersihan Jamban dan Kualitas Jamban dengan Kejadian Diare pada Balita di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 (Penutup))
BAB 7 (Penutup).pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Diare hingga saat ini masih menjadi masalah kesehatan dunia terutama di negara berkembang. Diare merupakan penyebab utama kesakitan dan kematian pada balita. Di Kota Padang, penyakit diare masih menempati urutan 10 penyakit terbanyak. Diare merupakan penyakit yang berkaitan dengan sanitasi lingkungan salah satunya adalah sarana pembuangan tinja (jamban). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kebersihan jamban dan kualitas jamban dengan kejadian diare pada balita di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Sampel adalah bagian dari populasi yang menjadi objek penelitian. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 77 orang, diambil dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil analisis univariat menunjukkan angka kejadian diare pada balita sebesar 33,8% balita menderita diare, sebanyak 45,5% jamban berada dalam kategori tidak bersih, dan jamban yang tidak memenuhi syarat sebesar 29,9%. Hasil analisis bivariat didapatkan hubungan antara kebersihan jamban dan kejadian diare diketahui nilai p=0,003, serta hubungan antara kualitas jamban dan kejadian diare diketahui nilai p=0,001. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kebersihan jamban dan kualitas jamban dengan kejadian diare pada balita di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Abdiana, SKM, M.Epid
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 20 Jul 2017 14:59
Last Modified: 20 Jul 2017 15:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26195

Actions (login required)

View Item View Item