PENYELESAIAN TUNGGAKAN PINJAMAN YANG DISALURKAN OLEH BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDesa) TERHADAP ANGGOTA UNIT EKONOMI DESA SIMPAN PINJAM (UED-SP) (Studi pada Badan Usaha Milik Desa Maju Jaya Sendawu di Desa Sungai Dawu Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu)

Mitra, Desvina Syaputri (2017) PENYELESAIAN TUNGGAKAN PINJAMAN YANG DISALURKAN OLEH BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDesa) TERHADAP ANGGOTA UNIT EKONOMI DESA SIMPAN PINJAM (UED-SP) (Studi pada Badan Usaha Milik Desa Maju Jaya Sendawu di Desa Sungai Dawu Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak dan cover)
abstrak dan cover.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tunggakan adalah utang atau kewajiban lain yang telah jatuh tempo menurut perjanjian, tetapi belum atau tidak dilakukan pembayaran sepenuhnya atas utang atau kewajiban tersebut oleh pihak yang berutang atau yang harus memenuhi kewajiban tersebut. Salah satu bidang usaha Badan Usaha Milik Desa Maju Jaya Sendawu adalah pelayanan jasa simpan pinjam. Badan Usaha Milik Desa Maju Jaya Sendawu memiliki 193 orang nasabah, dan dari jumlah tersebut yang melakukan tunggakan sebanyak 87 orang nasabah, dimana tunggakan terjadi dikarenakan para nasabah melanggar isi perjanjian dengan tidak membayar kewajibannya tepat waktu. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana substansi perjanjian peminjaman pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Maju Jaya Sendawu Desa Sungai Dawu Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu, Bagaimana penyelesaian jika terjadi tunggakan pinjaman pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Maju Jaya Sendawu Desa Sungai Dawu Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu, dan Apa kendala yang dihadapi dalam penyelesaian tunggakan pinjaman pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Maju Jaya Sendawu Desa Sungai Dawu Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini dapat digolongkan kepada penelitian field research dengan cara survey. Sifat penelitian bersifat deskriptif yang menggambarkan fakta yang diteliti dilapangan. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Substansi perjanjian peminjaman pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Maju Jaya Sendawu Desa Sungai Dawu Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu adalah Debitur menyatakan Kesanggupan untuk mengembalikan pinjaman kredit dana pokok beserta jasa ke Unit Simpan Pinjam BUMDesa Maju Jaya Sendawu, sesuai dengan jangka waktu pinjaman yang telah di sepakati. Penyelesaian jika terjadi tunggakan pinjaman pada Badan Usaha Milik Desa Maju Jaya Sendawu tidak sesuai dengan ketentuan Pasal 1754 tentang Pinjam Meminjam dan Pasal 6 Hak Tanggungan, dimana pihak BUMDesa setelah memberikan surat panggilan Sp1/Sp2/Sp3, kemudian melakukan peninjauan kembali untuk membuat kesepakatan yang baru, jika pihak tidak sanggup melunasi kredit hingga batas waktu yang telah disepakati, maka jaminan yang menjadi agunan hanya disita saja oleh pihak BUMDesa. Kendala yang dihadapi dalam penyelesaian tunggakan pinjaman pada Badan Usaha Milik Desa Maju Jaya Sendawu yaitu nasabah yang melanggar isi perjanjian dengan tidak membayar kewajibannya dengan tepat waktu sehingga kreditur tidak bisa mengadakan penguliran dana kepada calon nasabah baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. H. Busyra Azheri, S.H., M.H.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 09 Sep 2017 10:35
Last Modified: 09 Sep 2017 10:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26156

Actions (login required)

View Item View Item