PENOLKAN HAKIM TERHADAP PERMOHONAN ITSBAT NIKAH DAN AKIBAT HUKUMNYA BAGI PEMOHON (STUDI KASUS PENETAPAN PENGADILAN AGAMA PARIAMAN KLAS 1B)

RAFIQA, SARI (2017) PENOLKAN HAKIM TERHADAP PERMOHONAN ITSBAT NIKAH DAN AKIBAT HUKUMNYA BAGI PEMOHON (STUDI KASUS PENETAPAN PENGADILAN AGAMA PARIAMAN KLAS 1B). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I(1).pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV(1).pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
Tesis Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkawinan merupakan ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami dan istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.Perkawinan merupakan suatu perbuatan hukum yang mempunyai akibat hukum. Untuk membuktikan adanya perkawinan dibuktikan dengan adanya peristiwa itu sendiri tanpa adanya bukti tertulis berupa Akta nikah yang merupakan alat bukti sempurna. Menurut Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 1991 tentang Kompilasi Hukum IslamPasal 7 ayat (1), untuk perkawinan yang tidak mempunyai akta nikah, Kompilasi Hukum Islam membuka kesempatan kepada mereka yang beragama Islam untuk melakukan itsbat nikah.Untuk dapat melakukan itsbat nikah terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon Itsbat nikah. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah faktor-faktor apa saja yang menjadi dasar penolakan permohonan itsbat nikah oleh hakim Pengadilan Agama Pariaman, dan bagaimana akibat hukum dari penolakan permohonan itsbat nikah oleh hakim Pengadilan Agama Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris dan bersifat deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh dan mengumpulkan data primer dan sekunder dilakukan dengan memperoleh penelitian dilapangan dan penelitian kepustakaan yang terkumpul akan dianalisa secara deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang analisisnya hanya pada taraf menggambarkan apa adanya yaitu dengan menyajikan fakta secara sistematis agar mudah dipahami dan disimpulkan, tanpa melakukan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa alasan hakim dalam melakukan penolakan permohonan itsbat nikah dalam Penetapan Pengadilan Negeri Agama Nomor 0088/Pdt.P/2016/PA.PRM adalah terdapatnya halangan menurut peraturan perundang-undangan untuk melangsungkan suatu perkawinan. Apabila terjadinya penolakan permohonan itsbat nikah oleh hakim maka perkawinan tersebut tidak mempunyai kekuatan hukum sehingga apabila terjadi masalah dikemudian hari pasangan suami istri tidak dapat melakukan upaya hukum. Pihak yang paling dirugikan dalam hal ini adalah istri dan anaknya, dimana istri sulit mendapatkan hak atas harta gono gini jika terjadi perceraian, karena secara hukum perkawinan tersebut dianggap tidak pernah terjadi, istri juga tidak berhak atas nafkah dan warisan dari suami, dan jika suami meninggal dunia dan terdapat warisan dari suami maka istri serta anak sulit mendapatkan hak dari harta warisan tersebut, dan anak kesulitan mendapatkan akta kelahiran karena orang tua tidak memiliki akta nikah serta anak kesulitan mendapatkan hak-hak lainnya menyangkut kebutuhan anak tersebut. Kata Kunci : Penolakan Itsbat Nikah, Akibat Hukum.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. H. Yaswirman, MA
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu hukum
Date Deposited: 19 Jul 2017 16:43
Last Modified: 19 Jul 2017 16:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26112

Actions (login required)

View Item View Item