HUBUNGAN GAYA IKLANSMARTPHONE SAMSUNGGALAXY SERIES DIMEDIA TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Kasus Mahasiswa Pengguna Samsung di Universitas Andalas)

ANDIKA, BUDI WENDRI (2013) HUBUNGAN GAYA IKLANSMARTPHONE SAMSUNGGALAXY SERIES DIMEDIA TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Kasus Mahasiswa Pengguna Samsung di Universitas Andalas). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
285.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dunia teknologi informasi tidak henti-hentinya melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Salah satu inovasi yang sangat berkembang pesat saat ini adalah inovasi dalam hal pengembangan Smartphone (telepon pintar). Smartphone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Walaupun belum ada standar pabrik yang menentukan arti telepon pintar ini, namun bagi beberapa orang telepon pintar diartikan sebagai telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi (http://id.wikipedia.org). Dewasa ini, ketertarikan penggunaan Smartphone di kalangan masyarakat terus meningkat. Hal ini mengingat kecanggihan teknologi, sistem operasi yang digunakan oleh telepon tersebut. Melihat ketertarikan ini memacu berbagai perusahaan telepon seluler bersaing menciptakan telepon pintar idaman konsumen sasaran mereka, seperti halnya yang dilakukan oleh Samsung. Samsung terus melakukan inovasi untuk mengembangkan produk mereka salah satunya Samsung Galaxy Series. Samsung Galaxy Series adalah perangkat komputasi mobile yang diproduksi oleh Samsung Elektronik, yang semuanya menggunakan sistem operasi Android (http://id.wikipedia.org). Saat ini Samsung memduduki posisi pertama di pangsa pasar dunia. Bersaing dengan Apple, Nokia, Research in 3 Motion, HTC dan merek perusahaan lainnya, akhirnya berdasarkan data yang dihimpun dari situs idc diketahui bahwa Samsung mampu menduduki posisi pertama untuk penguasaan pangsa terbesar di dunia. Data tersebut adalah sebagaimana yang terlihat pada tabel berikut: Tabel 1.1 Peringkat Perusahaan Smartphone Dunia Vendor Pangsa Pasar 1 Samsung 29,1% 2 Apple 24,2% 3 Nokia 8,2% 4 Research In Motion 6,7% 5 HTC 4,8% 6 Others 27,0% Total 100% (Sumber: www.idc.com diakses tanggal 19 Juli 2012) Berdasarkan data yang terdapat pada tabel 1.1 di atas dapat diketahui bahwa Samsung mampu menduduki peringkat teratas untuk penguasaan pangsa pasar sebesar 29,1% dibandingkan dengan perusahaan yang memproduksi smartphone lainnya, dengan sistem operasi Android yang dimiliki serta desain yang unik menjadi senjata bagi perusahaan ini untuk bersaing. Namun perlu diketahui bahwa perusahaan lainnya seperti Apple juga terus melakukan pengembangan untuk produk mereka, seperti yang dilakukan untuk pengembangan produk yang dikenal dengan nama iPhone yang mampu menduduki posisi kedua dengan pangsa pasar sebesar 24,2%, dan kemudian disusul oleh Nokia 8,2%, vendor BlackBerry hanya mampu menduduki posisi ke empat dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 6,7%, perusahaan Smartphone asal Taiwan duduk di peringkat ke lima dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 4,8%, dan disusul oleh perusahaan – perusahaan lainnya dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 27,0%. 4 Namun hal berbeda yang terjadi di Indonesia, Samsung hanya mampu masuk ke dalam 5 daftar ponsel terpopuler, analis pasar perangkat klien IDC Indonesia Darwin Lie mengatakan: “Kampanye pemasaran agresif yang dilakukan Samsung, mempertahankan Samsung dalam daftar 5 besar merek ponsel populer di Indonesia. Produsen asal Korea Selatan ini mengirimkan banyak ponsel fitur dan smartphone keluarga Galaxy berbasis Android ke Indonesia”. Dengan demikian Samsung harus bekerja keras untuk meningkatkan penjualan produkya di Indonesia agar mampu memenangkan persaingan. (http://tekno.kompas.com, diakses tanggal 4 februari 2013) Melihat kondisi persaingan yang semakin pesat maka perusahaan layaknya Samsung dituntut untuk memiliki strategi dalam mengemas iklan agar gaya iklan tersebut sesuai dengan karakter konsumen yang ada di Indonesia khususnya di kota Padang. Gaya iklan adalah bagaimana pesan dikemas dalam sebuah iklan yang tujuannya untuk mempengaruhi konsumen. Dengan gaya iklan yang menarik mampu mengubah persepsi konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli produk Samsung. Hal yang paling utama yang harus dipelajari adalah apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk mengetahui itu maka aspek-aspek yang berpengaruh terhadap konsumen secara individu seperti pengenalan kebutuhan, cara memperoleh informasi, evaluasi yang dilakukan setelah memperoleh informasi sebelum melakukan pembelian perlu dianalisis, karena dengan memahami aspek-aspek ini maka akan dengan mudah untuk menemukan cara untuk memenangkan persaingan. 5 Di sisi lain, perusahaan juga harus melakukan pemasaran produknya kepada konsumen, sehingga calon konsumen dapat mengetahui tentang produk yang telah dihasilkan. Dalam hal ini, Samsung melakukan aktivitas periklanan. Periklanan dilakukan dengan harapan mampu menarik perhatian konsumen. Dalam menjalankan aktivitas periklanan tentunya diperlukan media. Salah satu media yang digunakan Samsung dalam menjalankan aktivitas periklanannya adalah televisi. Dengan kelebihan yang dimiliki televisi seperti kemampuan jangkauan televisi yang luas, memiliki efek suara dan gambar serta daya rangsang sangat tinggi (Kennedy, 2009:100-102) diharapkan iklan Samsung mampu mempengaruhi perilaku konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Iklan adalah bagian dari kehidupan modern dan bisa ditemukan di negara yang maju atau negara yang memang telah mengalami perkembangan ekonomi secara pesat. Melihat fenomena saat ini seseorang yang ingin membeli sebuah produk, mereka menjadikan iklan sebagai bahan pertimbangan untuk memutuskan membeli produk itu. Begitu juga dengan perusahaan, perusahaan sangat bergantung pada iklan karena tanpa iklan produsen dan distributornya tidak akan dapat menjual produknya. Iklan memang telah menjadi bagian dari sistem perekonomian nasional, meskipun sudah diakui atau tidak keberhasilan perekonomian di setiap negara banyak ditentukan oleh iklan, misalnya saja seperti Singapura dimana iklan menunjang kelangsungan produksi pabrik dan juga mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi setiap warga negaranya. Kemudian perusahaan – perusahaan yang ingin mengiklankan produknya menggunakan biro iklan untuk membuat iklan dan media sebagai penyampai pesan iklan seperti televisi, surat kabar dan sebagainya 6 juga menggunakan jasa iklan, hal ini bertujuan untuk mempermudah calon konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk yang dipasarkan. Dari latar belakang di atas maka penulis mengangkat topik dalam skripsi ini mengenai pengaruh media massa terutama gaya iklan di media televisi yang mempengaruhi keputusan pembelian Smartphone Samsung dengan judul “Hubungan Gaya Iklan Smartphone Samsung Galaxy Series Di Media Televisi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Mahasiswa Pengguna Samsung di Universitas Andalas)”

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ms Ikmal Fitriyani Alfiah
Date Deposited: 01 Mar 2016 07:48
Last Modified: 01 Mar 2016 07:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/2607

Actions (login required)

View Item View Item