PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN KUALITAS CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT (Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2011-2015)

Yosep, Eka Putra (2017) PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN KUALITAS CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT (Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2011-2015). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (713kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
Tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari struktur kepemilikan dan kualitas corporate governance terhadap earnings management. Struktur kepemilikan dibedakan menjadi kepemilikan manajerial (managerial ownership) dan kepemilikan konsentrasi (ownership concentration). Kepemilikan manajerial diukur dari proporsi saham perusahaan yang dimiliki oleh manajemen, dan kepemilikan konsentrasi diukur dari proporsi saham mayoritas yang dimiliki oleh individu atau kelompok diluar dari kepemilikan manajerial. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Penelitian ini menggunakan data empiris dari Bursa Efek Indonesia (IDX) dengan sampel sebanyak 33 perusahaan pada periode 2011-2015. Berdasarkan hasil pengujian ditemukan bahwa variabel kepemilikan konsentrasi (ownership concentration) berpengaruh positif terhadap earnings management. Semakin besar tingkat konsentrasi kepemilikan pada individu atau kelompok atas saham perusahaan, akan meningkatkan pengelolaan laba (earnings management) pada perusahaan. Variabel kepemilikan manajerial (managerial ownership) dan kualitas corporate governance tidak berpengaruh terhadap earnings management. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk agency theory. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa konflik keagenan antara pemilik dan agen tidak terjadi di indonesia, seperti yang dijelaskan pada agency theory. Akan tetapi konflik yang terjadi saat ini mengarah kepada benturan kepentingan antara pemilik saham mayoritas dengan pemilik saham minoritas. Kata kunci : Kepemilikan manajerial, kepemilikan konsentrasi, kualitas corporate governance, dan manajemen laba.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Elvira Luthan, S.E, M.Si, Ak, CA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 18 Jul 2017 15:41
Last Modified: 18 Jul 2017 15:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25962

Actions (login required)

View Item View Item