E-DEMOKRASI DI PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA (PSI) SUMATERA BARAT (Analisis E-Demokrasi Di Partai Solidaritas Indonesia Khususnya Pada Rekrutmen Daring Anggota Partai Tahun 2014-2017)

Lailatul, Sadiah (2017) E-DEMOKRASI DI PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA (PSI) SUMATERA BARAT (Analisis E-Demokrasi Di Partai Solidaritas Indonesia Khususnya Pada Rekrutmen Daring Anggota Partai Tahun 2014-2017). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
tugas Akhir ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

E-Demokrasi adalah pemanfaatan teknologi informasi dan internet untuk meningkatkan proses berdemokrasi. Pesatnya perkembangan e-Demokrasi di Indonesia merambah hingga kepada partai politik. Partai politik memanfatkan e-Demokrasi untuk mempermudah fungsi partainya terutama fungsi sosialisasi dan rekrutmen. Hal ini tentunya dimanfaatkan oleh partai baru yakninya Partai Solidaritas Indonesia (PSI). PSI memanfaatkan media sosial sebagai sarana sosialisasi partai kepada masyarakat dan portal partai untuk proses rekrutmen daring anggota. Rekrutmen daring adalah proses rekrutmen yang dilakukan dalam jaringan dan berfungsi untuk mempermudah masyarakat untuk bergabung dengan PSI. Permasalahannya adalah keanggotaan dari PSI dipertanyakan karena kemudahan yang di dapat dengan rekrutmen daring. Rekrutmen daring yang dilakukan memang efektif untuk meningkatkan jumlah massa. Namun, sulit untuk mengklarisfikasi jumlah anggota artinya jumlah keanggotaan PSI di pertanyakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan e-Demokrasi di Dewan Perwakilan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia Sumatera Barat khususnya pada Rekrutmen Daring anggota Partai. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori e-Demokrasi Janet Caldow. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-Demokrasi berjalan di DPW PSI Sumatera Barat, namun baru sampai kepada tahapan informasi. Beberapa kemudahan yang hadir dengan adanya e-Demokrasi ini belum dimanfaatkan dengan baik. Apabila PSI mampu memanfaatkan e-Demokrasi dengan baik, ini akan menghasilakn kemudahan dan pola yang lebih demokratis. Kata Kunci: E-Demokrasi, Partai Politik, Rekrutmen Daring

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Asrinaldi, M.Si
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 20 Jun 2017 14:34
Last Modified: 20 Jun 2017 14:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25615

Actions (login required)

View Item View Item