Pengaruh Penambahan Plasticizer Sorbitol Terhadap Karakteristik Edible Film dari Pati Talas Kimpul (Xanthosoma Sagittifolium,(L.)Schott)

Yeri, Nofriatama (2017) Pengaruh Penambahan Plasticizer Sorbitol Terhadap Karakteristik Edible Film dari Pati Talas Kimpul (Xanthosoma Sagittifolium,(L.)Schott). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAb akhir)
kesimpulan dan saran.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SkripsiFull.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penambahan sorbitol terhadap karakteristik edible film berbahan dasar pati talas kimpul. Penelitian ini dilaksanakan dilaboratorium Teknologi Pertanian, Universitas Andalas, padang pada bulan Agustus sampai bulan September 2016. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Analisa menggunakan Analysis of Variant (ANOVA), hasil yang berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Penelitian menggunakan penambahan sorbitol yaitu A(0,6%), B(1%), C(1,4%), D(1,8%) dan E(2,2%). Hasil penelitian menunujukan bahwa penambahan sorbitol pada edible film berbahan dasar pati talas kimpul berbeda nyata pada tensile strength, elongasi, ketebalan dan tekstur dan tidak berbeda nyata pada analisis warna, aroma, rasa dan laju transmisi uap air. Karakterisitik edible film terbaik adalah perlakuan E (2,2%) dengan nilai ketebalan 0,09mm, tensile strength 23,54MPa, dan elongasi 7,82%, uji organoleptik warna 4,00, aroma 4,00. Kata kunci - edible film, sorbitol, pati talas kimpul

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Neswati, S.TP, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 15 Jun 2017 14:56
Last Modified: 15 Jun 2017 14:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25527

Actions (login required)

View Item View Item