Hubungan Kadar Tanin dan Katekin Gambir dengan Kualitas Perekat dan Perekatan Cold Setting Glue dari Gambir (Uncaria gambir, Roxb)

Yefsi, Malrianti (2017) Hubungan Kadar Tanin dan Katekin Gambir dengan Kualitas Perekat dan Perekatan Cold Setting Glue dari Gambir (Uncaria gambir, Roxb). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
BAB I.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hubungan Kadar Tanin dan Katekin Gambir dengan Kualitas Perekat dan Perekatan Cold Setting Glue dari Gambir (Uncaria gam¬bir, Roxb) Yefsi Malrianti, Anwar Kasim, Novelina ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas gambir berbagai sentra produksi di Sumatera Barat dan hubungan komponen utama penyusun gambir (tanin dan katekin) dengan kekuatan rekat gambir. Penelitian ini menggunakan metode eksploratif. Sampel gambir diambil dari tujuh sentra produksi gambir di Sumatera Barat yaitu di Kabupaten 50 Kota yang meliputi daerah Muaro Paiti, Pangkalan, Sago Halaban, dan Mungka. Sementara di Kabupaten Pesisir meliputi daerah Barung-Barung Balantai, Batang Kapeh dan Siguntur. Pengambilan sampel bahan baku dilakukan secara acak dengan mengambil gambir dari salah satu tempat produksi di daerah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang erat antara kadar tanin gambir dengan kualitas perekat yang dihasilkan sebesar r = 0,8296. Kadar tanin yang tinggi menunjukkan kekuatan rekat yang tinggi , sedangkan kadar katekin yang tinggi menunjukkan kekuatan rekat yang rendah. Dari tujuh daerah asal sampel yang dihasilkan perekat terbaik adalah dari daerah Sago Halaban dengan kekuatan rekat 21,1 kg / cm2, kandungan tanin 58,67%, dan kandungan katekin 44,47%. Kualitas perekat yang dihasilkan dari gambir yang digunakan menunjuk sifat fisik dan mekanik perekat kayu sesuai dengan SNI 06-4565-1998 dan SII 0778-83 Fenol Formaldehida Cair. Kata Kunci : Gambir, Tanin, Katekin, Cold Setting Glue, Kekuatan Perekat

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.rer,nat Ir Anwar Kasim
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 05 Jun 2017 10:43
Last Modified: 05 Jun 2017 10:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25473

Actions (login required)

View Item View Item