PENGARUH EKSTRAK ETANOL TALI PUTRI (Cassytha filiformis L.) BEBAS LEMAK TERHADAP JARINGAN GINJAL PADA MENCIT PUTIH JANTAN

Andari, Faseran (2017) PENGARUH EKSTRAK ETANOL TALI PUTRI (Cassytha filiformis L.) BEBAS LEMAK TERHADAP JARINGAN GINJAL PADA MENCIT PUTIH JANTAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover + abstrak)
COVER + abstrak.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
8. I. pendahuluan.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
12. V. Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah utuh)
Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh ekstrak etanol tali putri (Cassytha filiformis L.) bebas lemak telah dilakukan terhadap jaringan ginjal pada mencit putih jantan. Sebanyak 36 ekor mencit putih jantan berusia ±2 bulan dengan berat badan 20-30 gram dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu satu kelompok kontrol dan 3 kelompok perlakuan yang diberi ekstrak etanol tali putri bebas lemak dengan dosis 5, 10, dan 20 mg/kgBB sekali sehari secara oral selama 1, 3, dan 7 hari. Pada hari ke-2, 4, dan 8, mencit dikorbankan dan diambil organ ginjalnya, ditimbang lalu dibuat preparat histologi dengan metoda parafin dan pewarnaan Hematoksilin-Eosin (HE). Parameter yang dinilai yaitu derajat kerusakan ginjal, rasio organ ginjal, dan persentase kerusakan glomerulus. Data penelitian dianalisis dengan ANOVA dua arah dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa derajat kerusakan ginjal mengalami peningkatan secara bermakna selama perlakuan (p<0,05). Rasio organ ginjal kelompok ekstrak, terutama pada dosis besar mengalami peningkatan secara bermakna dibandingkan dengan kelompok kontrol (p<0,05). Persentase kerusakan glomerulus kelompok ekstrak, mengalami peningkatan seiring dengan peningkatan dosis, meskipun peningkatan tersebut tidak terlihat secara nyata dibandingkan dengan kelompok kontrol (p>0,05). Hal ini membuktikan bahwa ekstrak etanol tali putri bebas lemak dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Helmi Arifin, MS, Ap
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 22 May 2017 16:33
Last Modified: 22 May 2017 16:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25418

Actions (login required)

View Item View Item