HUBUNGAN STATUS GIZI DAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DAN V SDN 35 AMPANGAN PAYAKUMBUH SELATAN

Intan, Ayu Lestari (2015) HUBUNGAN STATUS GIZI DAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DAN V SDN 35 AMPANGAN PAYAKUMBUH SELATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
758.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sarapan sangat bermanfaat bagi anak-anak sekolah dasar untuk menjaga daya tahan tubuh, membantu untuk fokus dan mudah memahami pelajaran sehingga memiliki hasil belajar yang baik. Status gizi dan kebiasaan sarapan pagi merupakan faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status gizi dan kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar siswa kelas IV dan V SDN 35 Ampangan Kecamatan Payakumbuh Selatan tahun 2015. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 4-9 Juni 2015. Penelitian ini dengan desain penelitian deskriptif analitik. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling dengan jumlah 54 responden. Hasil uji Chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar (p=0,017). Tidak terdapat hubungan antara kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar (p=0,869). Berdasarakan hasil penelitian diharapkan sekolah dan tenaga kesehatan khususnya perawat dapat memberikan pendidikan kesehatan mengenai gizi sehingga diperoleh prestasi yang baik. Kata kunci : sarapan, status gizi, prestasi belajar Daftar pustaka : 36 (2000-2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Ms Lyse Nofriadi
Date Deposited: 01 Mar 2016 04:44
Last Modified: 01 Mar 2016 04:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/2539

Actions (login required)

View Item View Item