ANALISIS DISPARITAS PEMBANGUNAN ANTAR DAERAH PEMEKARAN PADA KABUPATEN TAPANULI SELATAN DAN KOTA PADANGSIDIMPUAN DI PROVINSI SUMATERA UTARA

Dody, Jaya Syaputra (2017) ANALISIS DISPARITAS PEMBANGUNAN ANTAR DAERAH PEMEKARAN PADA KABUPATEN TAPANULI SELATAN DAN KOTA PADANGSIDIMPUAN DI PROVINSI SUMATERA UTARA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab V kesimpulan dan saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat disparitas pembangunan antar daerah pemekaran pada kabupaten Tapanuli Selatan dan Kota Padangsidimpuan sebelum dan sesudah pemekaran dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pada daerah pemekaran. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang terdiri dari data runtut waktu dari tahun 1997 sampai 2014 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis Indeks Entropi Theil. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat disparitas yang terjadi pada daerah pemekaran Tapanuli Selatan dilihat sebelum pemekaran terhadap perekonomian Provinsi Sumatera Utara berada level disparitas yang tinggi sedangkan setelah dilakukannya pemekaran tingkat disparitas pembangunan ekonomi pada kedua daerah masih berada pada level disparitas yang tinggi. Faktor penyebab terjadi disparitas pada kedua daerah pemekaran dilihat pada sektor industri dan sektor perdagangan masing-masing nilai perekonomian pada kedua masih fluktuatif dan masih belum stabilnya pergerakkan perekonomian pada masing-masing daerah pemekaran. Penelitian ini merekomendasikan dalam membuat kebijakan serta merencanakan strategi yang tepat dalam menurunkan tingkat disparitas dan menstabilkan pendapatan ekonomi. Kata Kunci: disparitas pembangunan, perencanaan pembangunan, pemekaran wilayah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. FaidilTanjung. Msi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 09 May 2017 03:08
Last Modified: 09 May 2017 03:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25368

Actions (login required)

View Item View Item