PENGARUH PEMBERIAN METANIL YELLOW PER ORAL TERHADAP KADAR SERUM GLUTAMIC OXALOACETIC TRANSAMINASE DAN SERUM GLUTAMIC PYRUVIC TRANSAMINASE SERUM MENCIT (Mus Musculus)

Rismita, Saldeni (2017) PENGARUH PEMBERIAN METANIL YELLOW PER ORAL TERHADAP KADAR SERUM GLUTAMIC OXALOACETIC TRANSAMINASE DAN SERUM GLUTAMIC PYRUVIC TRANSAMINASE SERUM MENCIT (Mus Musculus). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Kepustakaan.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Metanil Yellow adalah zat warna sintetik untuk tekstil yang dilarang penggunaannya pada makanan karena mengandung zat berbahaya. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan bahwa pemberian Metanil Yellow dapat menimbulkan kerusakan pada hati yang dinilai dari kadar SGOT dan SGPT serum mencit. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimental randomized control group post test only dan dilakukan di laboratorium Fakultas Farmasi dan laboratorium Biokimia Fakultas Kedokteran Universitas Andalas pada bulan Desember 2016 hingga Maret 2017. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 24 ekor mencit yang dibagi kedalam 4 kelompok, masing-masing kelompok terdisi dari 6 mencit. Setiap mencit pada kelompok kontrol negatif (K-) diberi aquades, sedangkan kelompok perlakuan I (PI), kelompok perlakuan II (PII), dan kelompok perlakuan III (PIII) diberi Metanil Yellow masing-masing dengan dosis 4200 mg/kgbb, 2100 mg/kgbb dan 1050 mg/kgbb selama 21 hari. Pada hari ke dua puluh dua, serum darah diambil dan dilakukan pengujian kadar SGOT dan kadar SGPT. Didapatkan bahwa pemberian Metanil Yellow selama 21 hari dapat meningkatkan kadar SGOT dan SGPT serum mencit. Hasil uji one way Anova menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok percobaan (p < 0,05). Kesimpulan hasil penelitian adalah pemberian Metanil Yellow berpengaruh terhadap peningkatan kadar SGOT dan kadar SGPT serum darah mencit. Kata kunci : Metanil Yellow, SGOT, SGPT

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Yustini Alioes, M.Si, Apt
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 08 May 2017 06:34
Last Modified: 08 May 2017 06:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25359

Actions (login required)

View Item View Item