Kajian Pelaporan Hasil Audit Kinerja Pelayanan Pemerintah Daerah (AKPPD) Bidang Pendidikan (Studi Kasus pada Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Barat)

Carlo, Rivelacio (2017) Kajian Pelaporan Hasil Audit Kinerja Pelayanan Pemerintah Daerah (AKPPD) Bidang Pendidikan (Studi Kasus pada Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. 1510539010_Cover_dan_Abstrak.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. 1510539010_BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
3. 1510539010_Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. 1510539010_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. 1510539010_Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar pelaporan audit kinerja dan mengevaluasi pelaporan Audit Kinerja Pelayanan Pemerintah Daerah (AKPPD) Bidang Pendidikan yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dengan cara melakukan kajian atas aspek-aspek: (1) fokus laporan audit tertulis, (2) isi laporan, (3) unsur kualitas laporan, dan (4) penerbitan dan pendistribusian laporan. Dalam mencapai tujuan-tujuan tersebut, penelitian didesain dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan mengambil studi kasus pada Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat dan difokuskan dalam rumusan pertanyaan: Bagaimanakah pelaporan AKPPD Bidang Pendidikan agar sesuai dengan standar pelaporan audit kinerja yang berlaku sehingga menghasilkan laporan yang berkualitas? Berdasarkan kajian yang dilakukan mulai dari data sekunder berupa laporan laporan AKPPD Bidang Pendidikan Tahun 2016 dan literatur lainnya beserta dengan data primer berupa hasil pengamatan dan wawancara dengan auditor, didapatkan hasil penelitian bahwa secara umum pelaporan AKPPD Bidang Pendidikan oleh BPKP sudah sangat sesuai dengan standar audit yang berlaku sebagaimana telah dirumuskan di dalam instrumen penelitian dengan nilai sebesar 89,66% (Kategori Sangat Sesuai). Namun demikian, secara spesifik masih terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan dalam rangka meningkatkan kualitas pelaporan AKPPD di masa selanjutnya guna memberikan nilai tambah bagi para pihak yang berkepentingan, khususnya dalam lingkup pelayanan pendidikan oleh Pemerintah Daerah. Penelitian ini dapat memberikan masukan dalam penyempurnaan implementasi koordinasi pengawasan SPM Bidang Pendidikan dan Petunjuk Teknis AKPPD Bidang Pendidikan sehingga dapat menghasilkan laporan AKPPD Bidang Pendidikan yang lebih baik dan berdampak pada kualitas pendidikan Indonesia yang semakin baik pula di masa mendatang. Kata Kunci : Standar Pelaporan, Audit Kinerja, Audit Program, Pengawasan Pelayanan Publik, Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan. ABSTRACT This research aims to enrich the acknowledgement about the reporting standards of performance audit and evaluate the reporting of Performance Audit of Local Government Service in Education Sector conducted by the Finance and Development Supervisory Agency of Indonesia, by reviewing the following aspects: (1) the focus of written audit report , (2) the report contents, (3) the report quality elements, and (4) the publishing and distributing of the reports. In achieving these goals, this research is designed by using a descriptive-qualitative approach with a case study on the Representative of Finance and Development Supervisory Agency in West Sumatra and focused on the question: How does the reporting Performance Audit of Local Government Service in Education Sector comply with the applicable reporting standards of performance audit in order to make a quality report? Based on a study proceeded on secondary data from the report of Performance Audit of Local Government Service in Education Sector in 2016 and other literature along with primary data from observations and interviews with the auditors, the result of this research states that the reporting of Performance Audit of Local Government Service in Education Sector conducted by the Finance and Development Supervisory Agency has already followed the applicable auditing standards as formulated in the research instrument, with a value of 89.66% (in “Very Well” category). However, there are specific things that need to be considered in order to improve the quality of the reporting of the audit in the next period to add more value for stakeholders, especially in the education service by local governments. The result of this research can be used to augment the organized monitoring for the implementation of minimum service standards in Education Service and improve the technical guidelines of the audit to make a better report and have a better impact on the quality of education in Indonesia for the better future. Keywords : Reporting Standards, Performance Audit, Program Audit, Monitoring of Public Service, Minimum Service Standards in Education Sector.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Suhairi, S.E., M.Si., Ak.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: s1 akuntansi reguler
Date Deposited: 03 May 2017 04:37
Last Modified: 03 May 2017 04:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25273

Actions (login required)

View Item View Item