Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Umur Usaha Pemilik UKM Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi dengan Menggunakan Ketidakpastian Lingkungan Bisnis Sebagai Variabel Moderasi. (Pemilik UKM di Kota Padang)

Rahmi, Isriani (2017) Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Umur Usaha Pemilik UKM Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi dengan Menggunakan Ketidakpastian Lingkungan Bisnis Sebagai Variabel Moderasi. (Pemilik UKM di Kota Padang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover and astract)
1. COVER+dospem.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB_I_Pendahuluan.PDF - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
BAB_V_Penutup.PDF - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar_pustaka.PDF - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
tesis full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang pendidikan dari pelaku usaha yang beraneka ragam perlu dilakukan persamaan persepsi dalam menyediakan informasi akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pengaruh pengetahuan akuntansi dan umurusaha pemilik UKM terhadap penggunaan informasi akuntansi dalam membuat keputusan, dengan menggunakan ketidakpastian lingkungan bisnis sebagai variabel moderasi. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan metode survei kepada 70 pemilik usaha kecil menengah di Kota Padang. Metode pemilihan sampel adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan software smartPLS Ver 2 M3 untuk menganalisis hubungan pengaruh pengetahuan akuntansi danumur usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi dengan ketidakpastian lingkungan bisnis sebagai variabel moderasi. Pengujian instrumen dengan menggunakan konstruk reflektif dan konstruk formatif dilakukan melalui pengujian dua model penelitian untuk melihat seberapa kuat variabel moderasi (Ketidakpastian Lingkungan) mempengaruhi tiap-tiap variabel X terhadap variabel Y. Temuan dari penelitian ini adalah pengetahuan akuntansi berpengaruh signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi.Begitu pula dengan umur usaha berpengaruh signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi.Ketidakpastian lingkungan bisnis memoderasi pengaruh pengetahuan akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi. Sebaliknya, Ketidakpastian lingkungan bisnis tidak memoderasi pengaruh umur usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi. Kata Kunci:Pengetahuan Akuntansi, Umur Usaha, Penggunaan Informasi Akuntansi, dan Ketidakpastian Lingkungan Bisnis.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Suhairi, SE, M.Si, Ak
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 15 May 2017 15:16
Last Modified: 15 May 2017 15:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25224

Actions (login required)

View Item View Item