Optimasi Pencampuran Sari Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) dan Maltodekstrin terhadap Karakteristik Mutu Minuman Serbuk Mengkudu (Morinda citrifolia, L)

Mega, Mustika (2017) Optimasi Pencampuran Sari Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) dan Maltodekstrin terhadap Karakteristik Mutu Minuman Serbuk Mengkudu (Morinda citrifolia, L). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover+abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan dan saran)
BAB 5.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Optimasi Pencampuran Sari Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) dan Maltodekstrin Terhadap Karakteristik Mutu Minuman Serbuk Mengkudu (Morinda citrifolia, L.) Mega Mustika, Aisman dan Neswati ABSTRACK Penelitian ini dilakukan di laboratorium Fakultas Teknologi Pertanian dan Fakultas Farmasi Universitas Andalas Padang pada bulan september hingga november 2016. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh tingkat konsentrasi sari jeruk nipis dan maltodekstrin terhadap karakteristik mutu minuman serbuk mengkudu dan mengetahui formula yang tepat dalam pembuatan minuman serbuk mengkudu menggunakan metode permukaan respon. Variabel faktor yang dianalisis yaitu maltodekstrin (X1) 10, 17.5, 25%, sari jeruk nipis (X2) 15, 25, 35% dan sari mengkudu (X3) 65, 75, 85%. Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan Central Composite Design (CCD) dengan variabel respon yaitu kadar air, kadar abu, kadar vitamin C dan aktivitas antioksidan. Perbedaan jumlah pencampuran maltodekstrin, sari jeruk nipis dan sari mengkudu dalam pembuatan minuman serbuk memberikan pengaruh nyata terhadap kadar air, kadar abu, kadar vitamin C dan aktivitas antioksidan. Solusi optimum yang direkomendasikan untuk keempat respon adalah maltodekstrin (X1) 10%, sari jeruk nipis (X2) 34,37% dan sari mengkudu (X3) 76,34%. Nilai respon terhadap kadar air 4,84%, kadar abu 0,78%, kadar vitamin C 86,42 mg/100g dan aktivitas antioksidan 79,29% dengan nilai desirability 0,741. Kata kunci - mengkudu, jeruk nipis, maltodekstrin, CCD

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Aisman, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 18 Jul 2017 11:25
Last Modified: 18 Jul 2017 11:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25181

Actions (login required)

View Item View Item