ANALISA NON DESTRUKTIF KUALITAS BUAH TOMAT (Lycopersicon esculentum. Mill) BERDASARKAN INDEKS KEMATANGAN MENGGUNAKAN KAMERA IMAGING

Novia, Anggraini (2017) ANALISA NON DESTRUKTIF KUALITAS BUAH TOMAT (Lycopersicon esculentum. Mill) BERDASARKAN INDEKS KEMATANGAN MENGGUNAKAN KAMERA IMAGING. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
FULL PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tomat merupakan tanaman hortikultura yang memiliki beberapa keunggulan salah satunya sebagai antioksidan dan dapat melindungi tubuh terhadap penyakit dan memiliki prospek nilai ekonomi yang tinggi di Sumatera Barat. Tujuan penelitian adalah mengembangkan aplikasi pemograman untuk penentuan kualiatas tomat secara non destruktif menggunakan basis program C#, berdasarkan parameter warna (rgb, HSI, dan area) yang dikorelasikan dengan kualitas tomat yang diukur, yaitu indeks kematangan, total padatan terlarut, kekerasan, dan vitamin C. Sistem ini terdiri dari peralatan utama yaitu ruang inspeksi, kamera untuk merekam citra, komputer untuk mengolah data, sistem penerangan, dan perangkat lunak analisis C# untuk menentukan kualitas tomat. Program yang dikembangkan dapat digunakan untuk memprediksi nilai parameter kualitas tomat meliputi indeks kematangan, TPT, dan vitamin C, dan hasilnya divalidasi. Berdasarkan hasil fungsi diskriminan, didapatkan fungsi untuk mengestimasi nilai kualitas tomat, seperti indeks kematangan, vitamin C, TPT, dan kekerasan. Berdasarkan fungsi tersebut dapat dilihat hubungan warna indeks rgb, HSI, dan area. Dari hasil olahan citra tomat terhadap kualitas tomat seperti indeks kematangan warna, parameter warna yang mempengaruhi adalah g, H, I, sedangkan untuk vitamin C, TPT, dan kekerasan warna parameter warna yang mempengaruhi adalah r, g, b, H, dan area. Kata kunci- Indeks Kematangan, Kekerasan, Pengolahan Citra Digital, Tomat, TPT, Vitamin C.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: s1 Teknik Pertanian
Date Deposited: 02 May 2017 07:37
Last Modified: 02 May 2017 07:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25159

Actions (login required)

View Item View Item