PENGARUH PEMBERIAN BERBAGAI DEDAUANAN SEBAGAI PAKAN SUPLEMEN TERHADAP BERAT JENIS, KADAR AIR, TOTAL SOLID DAN TOTAL SOLID NON FAT SUSU KERBAU YANG DIPELIHARA SECARA TRADISIONAL

Elfira, elfira (2017) PENGARUH PEMBERIAN BERBAGAI DEDAUANAN SEBAGAI PAKAN SUPLEMEN TERHADAP BERAT JENIS, KADAR AIR, TOTAL SOLID DAN TOTAL SOLID NON FAT SUSU KERBAU YANG DIPELIHARA SECARA TRADISIONAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
01. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
02. BAB I.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
03. BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar Pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
05.SKRIPSI FULL TEXT ELFIRA.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas susu kerbau yang dipelihara secara tradisional yang diberi daun ubi kayu, daun katuk dan daun gamal sebagai pakan suplemen di Kabupaten Sijunjung. Ternak yang digunakan pada penelitian ini adalah kerbau lumpur laktasi sebanyak 4 ekor yang terdapat di Kanagarian Pematang Panjang, Kabupaten Sijunjung. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Bujur Sangkar Latin (RBSL) yang terdri dari 4 perlakuan dan 4 periode. Perlakuan tersebut adalah : (A) tanpa penambahan hijauan, (B) daun ubi kayu, (C) daun katuk dan (D) daun gamal masing masing diberikan sebanyak 5 kg/ekor/hari. Peubah yang diamati adalah berat jenis, kadar air, total solid dan total solid non fat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian pakan suplemen daun ubi kayu, daun katuk dan daun gamal dapat meningkatkan berat jenis, total solid dan total solid non fat serta menurunkan kadar air susu kerbau. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian daun ubi kayu memberikan hasil yang terbaik dibandingkan daun katuk dan daun gamal. Kata kunci : Daun Gamal, Daun Katuk, Daun Ubi Kayu, Kerbau Lumpur Laktasi, Kualitas Susu Kerbau.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Salam N. Aritonang, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 27 Apr 2017 07:28
Last Modified: 27 Apr 2017 07:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25090

Actions (login required)

View Item View Item