KUALITAS SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA (KADAR PROTEIN, LAKTOSA, BERAT JENIS) DENGAN PEMBERIAN SUPLEMEN ARA SUNGSANG (Asystasia gangetica)

Krisna, Dewi Oktaviani (2017) KUALITAS SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA (KADAR PROTEIN, LAKTOSA, BERAT JENIS) DENGAN PEMBERIAN SUPLEMEN ARA SUNGSANG (Asystasia gangetica). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
01. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
02. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Updated Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
03. BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
05. SKRIPSI FULL TEXT KRISNA.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas susu kambing Peranakan Etawa (kadar protein, laktosa, berat jenis) dengan pemberian suplemen ara sungsang (Asystasia gangetica). Ternak yang digunakan pada penelitian ini adalah kambing Peranakan Etawa (PE) laktasi ketiga dan keempat dengan bulan produksi kedua dan ketiga sebanyak 20 ekor dengan bobot badan kambing 40-45 kg. Penelitian ini mengunakan metode experimen, dengan menggunakan Rancangan Acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu ara sungsang (Asystasia gangetica) sebanyak 0 kg (kontrol), 0.25 kg (B), 0.50 kg (C), 0.75 kg (D), 1 kg (E) dari bobot badan ternak. Peubah yang diamati adalah kadar protein, kadar laktosa dan berat jenis susu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian suplemen ara sungsang (Asystasia gangeitca) memberikan pengaruh sangat nyata (P<0.01) terhadap kualitas susu kambing PE (Kadar protein, laktosa, berat jenis). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas susu kambing PE (kadar protein, laktosa, berat jenis) dengan pemberian suplemen ara sungsang (Asystasia gangetica) dapat meningkatkan kualitas susu (kadar protein, laktosa, berat jenis) kambing PE dan pemberian suplemen ara sungsang sebanyak 1 kg memberikan hasil yang terbaik. Kata kunci : Ara Sungsang, kambing Peranakan Etawa, Protein, Laktosa, Berat Jenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Hj. Elly Roza, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 27 Apr 2017 07:27
Last Modified: 27 Apr 2017 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25087

Actions (login required)

View Item View Item