Pengaruh Kualitas Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kinerja Keuangan terhadap Pengungkapan Modal lntelektual pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015

Sandra, Ayu (2017) Pengaruh Kualitas Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kinerja Keuangan terhadap Pengungkapan Modal lntelektual pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak watermark.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I WATERMARK OK.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V WATERMARK OK.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA WATERMARK OK.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full text)
Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas corporate governance, ukuran perusahaan, leverage, dan kinerja keuangan terhadap pengungkapan modal intelektual pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode pengamatan yaitu tahun 2010 sampai tahun 2015. Pemilihan sampel dengan kriteria tertentu (teknik purposive sampling) dan diperoleh 45 perusahaan sebagai sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pengolahan data dengan bantuan SPSS versi 19.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas corporate governance, ukuran perusahaan, dan kinerja keuangan yang diukur dengan return on assets (ROA) dan earnings per share (EPS) berpengaruh signifikan positif terhadap pengungkapan modal intelektual. Hal ini diperlihatkan dari nilai signifikansi yang lebih kecil dari α 0,05 dan nilai t hitung positif. Sedangkan leverage berpengaruh signifikan negatif terhadap pengungkapan modal intelektual. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa untuk variabel leverage memiliki nilai signifikansi yang lebih kecil dari α 0,05 dan nilai t hitung negatif. Berdasarkan hasil penelitian, kualitas corporate governance, ukuran perusahaan, dan kinerja keuangan dalam hubungannya terhadap pengungkapan modal intelektual, membuktikan bahwa mendukung agency theory dan signalling theory. Semakin berkualitasnya corporate governance, ukuran perusahaan yang besar, dan kinerja keuangan yang baik, akan semakin meningkatkan pengungkapan modal intelektual. Kata kunci : agency theory, signalling theory, pengungkapan modal intelektual, kualitas corporate governance, ukuran perusahaan, leverage, return on assets (ROA), earnings per share (EPS)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Elvira Luthan, SE, M.Si, Ak
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 27 Apr 2017 07:11
Last Modified: 27 Apr 2017 07:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25070

Actions (login required)

View Item View Item