“PENGARUH VARIASI WAKTU HOLDING PADA PROSES DEWAXING DAN VARIASI KOMPOSISI CETAKAN TERHADAP KUALITAS PRODUK MENGGUNAKAN BAHAN BAKU CETAKAN TRADISIONAL PADA INDUSTRI INVESMENT CASTING DAERAH SUNGAI PUA”

Muhammad, Ikhsan (2017) “PENGARUH VARIASI WAKTU HOLDING PADA PROSES DEWAXING DAN VARIASI KOMPOSISI CETAKAN TERHADAP KUALITAS PRODUK MENGGUNAKAN BAHAN BAKU CETAKAN TRADISIONAL PADA INDUSTRI INVESMENT CASTING DAERAH SUNGAI PUA”. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan ABSTRAK)
01. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
All.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Invesment casting merupakan salah satu jenis proses manufaktur yang banyak digunakan untuk menghasilkan berbagai jenis produk yang bervariasi. Produk invesment casting yang dihasilkan memiliki kualitas tertentu yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor dari tahapan proses yang dilakukan serta bahan baku cetakan yang digunakan. Salah satu tahapan dalam proses invesment casting yaitu proses dewaxing yang bertujuan untuk menghilangkan pola dengan melakukan pemanasan. Proses penghilangan lilin (dewaxing) harus memperhatikan temperatur serta waktu penahanan (holding) yang digunakan. Temperatur serta waktu yang digunakan sangat mempengaruhi kualitas dari rongga cetakan serta efisiensi dari modal yang dikeluarkan karena lilin tersebut dapat digunakan kembali. Pada proses dewaxing penulis menggunakan temperatur 120°C serta waktu penahanan selama 15, 30 dan 45 menit. Untuk jenis cetakan penulis menggunakan bahan baku cetakan yang sama dengan bahan baku cetakan invesment casting daerah Sungai Pua Kabupaten Agam. Bahan baku yang digunakan yaitu campuran tanah bentonit, tanah merah serta air. Cetakan yang awalnya berbentuk cair memiliki nilai viskositas tertentu yaitu 168 Cp, 265 Cp, 290 Cp serta >330 Cp untuk setiap variasi komposisi yang digunakan. Pada penelitian ini, didapatkan bentuk permukaan produk yang halus sampai kasar serta nilai kekerasan yang beragam akibat ukuran butir yang terbentuk. Nilai rata-rata kekerasan yang didapat yaitu 175,66 VHN, 199 VHN, 179,66 VHN serta 208,66 VHN. Keyword : Invesment casting, Dewaxing, Holding, Viskositas

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr.Ir. H Is Prima Nanda, MT
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 17 May 2017 16:38
Last Modified: 17 May 2017 16:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24732

Actions (login required)

View Item View Item