YULIA, INDAH SARI (2015) PERANAN SEKRETARIS DALAM PENGELOLAAN SURAT PERINTAH PERJALANAN DINAS PADA PT. SEMEN PADANG. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.
Text
201507130941th_yulia indah sari 1200532027.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
Abstract
Latar Belakang Dengan semakin pesatnya kemajuan dalam dunia bisnis, tugas-tugas seorang pimpinan semakin luas dan kompleks. Seorang pimpinan perusahaan memiliki berbagai macam tugas dan tanggungjawab dalam menjalankan tugas rutin jabatannya. Dengan demikian, tentunya pimpinan akan sangat membutuhkan bantuan seseorang untuk melancarkan tugas tersebut. Tenaga bantuan yang dimaksud adalah tenaga bantuan seorang sekretaris yang mampu membantu pimpinan dalam menjalankan roda perusahaan, agar dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar (Suci, 2011). Seorang sekretaris telah diberi kepercayaan oleh pimpinan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugasnya sebagai sekretaris secara baik dan benar. Bila pelimpahan wewenang ini dapat dilaksanakan dengan baik, maka pimpinan dapat memusatkan konsentrasinya pada pengawasan dan perencanaan perusahaan. Pada dasarnya tugas sekretaris meliputi tugas rutin, tugas insidentil, dan juga tugas kreatif. Tugas rutin seorang sekretaris meliputi korespondensi, menerima tamu, menerima telepon, hingga kearsipan. Tugas insidentil meliputi mempersiapkan rapat, mengatur pertemuan pimpinan dengan relasi, mengurus pejalanan dinas, dan sebagainya. Sedangkan tugas kreatif sekretaris meliputi mengirimkan bunga atau Surat ucapan kepada rekan pimpinan, membuat kliping, dan sebagainya (Suci, 2011). 2 Salah satu tugas sekretaris dalam melaksanakan instruksi adalah melakukan persiapan-persiapan perjalanan dinas pimpinan, karena perjalanan dinas merupakan salah satu aktivitas organisasi atau perusahaan yang sering dilakukan pimpinan. Agar perjalanan dinas dapat berjalan secara efektif dan efisien, maka perlu dilakukan penjadwalan dan pengaturan pada perjalanan dinas tersebut, sehingga pekerjaan pimpinan tidak akan terbengkalai hanya karena kesalahan dalam menyusun jadwal atau tidak adanya jadwal yang digunakan sebagai acuan pelaksanaan perjalanan dinas. Oleh karena itu, seberapapun pentingnya suatu pekerjaan apabila tidak mampu menyusunnya dengan baik, maka hasilnya juga akan kurang memuaskan. Mengatur dan menyiapkan perjalanan dinas pimpinan meliputi, mempersiapkan segala sesuatu, mulai dari dokumen yang dibutuhkan pimpinan dalam perjalanannya, konfirmasi tiket dan hotel, pembuatan jadwal perjalanan, sampai segala sesuatu yang dapat menunjang keberhasilan dan kenyamanan (Suci, 2011). Berdasarkan penjelasan latar belakang diatas penulis tertarik untuk membahas tentang “Peranan Sekretaris Dalam Pengelolaan Surat Perintah Perjalanan Dinas Pada PT Semen Padang”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Kesekretariatan dan Manajemen Perkantoran |
Depositing User: | Ms Ikmal Fitriyani Alfiah |
Date Deposited: | 03 Feb 2016 02:17 |
Last Modified: | 03 Feb 2016 02:17 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/247 |
Actions (login required)
View Item |