Produksi, Efisiensi Produksi dan Kadar Lemak Susu Kambing Peranakan Etawa dengan Pemberian Suplementasi Ara Sungsang (Asystasia gangetica)

Nike, Wulandari (2017) Produksi, Efisiensi Produksi dan Kadar Lemak Susu Kambing Peranakan Etawa dengan Pemberian Suplementasi Ara Sungsang (Asystasia gangetica). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak fiks.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
bab penutup.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skrip full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produksi, efisiensi produksi dan kadar lemak susu kambing Peranakan Etawa (PE) yang diberi suplementasi ara sungsang (Asystasia gangetica). Ternak yang digunakan dalam penelitian ini adalah kambing PE laktasi ke 3 dan 4 dan bulan laktasi ke 2 dan 3 sebanyak 20 ekor yang terdapat di PT. Boncah Utama Farm, Kanagarian Barulak, Kabupaten Tanah Datar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan tersebut adalah tanpa pemberian ara sungsang (A), pemberian ara sungsang 0,25 kg (B), pemberian ara sungsang 0,5 kg (C), pemberian ara sungsang 0,75 kg (D), dan pemberian ara sungsang 1 kg (E). Peubah yang diamati adalah produksi susu, efisiensi produksi susu dan kadar lemak susu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian suplementasi ara sunsang memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap produksi, efisiensi produksi dan kadar lemak susu kambing PE. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian suplementasi ara sungsang dapat meningkatkan produksi susu (5.2 – 50.88 %), efisiensi produksi susu (15.4 – 82.95 %), kadar lemak susu kambing PE (9.4 – 18.35 %) dan pemberian 1 kg ara sungsang memberikan hasil yang terbaik. Kata kunci : Ara Sungsang, kambing Peranakan Etawa, Produksi, efisiensi produksi, dan kadar lemak susu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. H. Arief, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 21 Apr 2017 02:19
Last Modified: 21 Apr 2017 02:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24631

Actions (login required)

View Item View Item