PROSEDUR PENGOLAHAN DATA KEPEGAWAIAN PADA BAGIAN SDM DI BIDANG SDM DAN UMUM PT. PLN (PERSERO) WILAYAH SUMATERA BARAT

MELISA, ARMAWILIA PUTRI (2017) PROSEDUR PENGOLAHAN DATA KEPEGAWAIAN PADA BAGIAN SDM DI BIDANG SDM DAN UMUM PT. PLN (PERSERO) WILAYAH SUMATERA BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER A.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I A.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V A.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA A.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img] Text (TA UTUH)
TA GABUNG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)

Abstract

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Dalam setiap organisasi, baik pemerintah maupun swasta tidak terlepas dari berbagai aktivitas untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dimana untuk mencapai tujuan tersebut dengan baik maka diperlukan administrasi perkantoran yang baik. Terkait dengan administrasi perkantoran disetiap instansi atau lembaga baik instansi milik pemerintah maupun instansi perorangan tau swasta maka instansi tersebut harus memiliki bidang pekerjaan yang disebut kepegawaian yang berfungsi untuk mengelola seluruh persoalan berkaitan dengan pegawai - pegawai yang bekerja pada instansi atau lembaga tersebut. Bidang kepegawaian tersebut pada hakikatnya bertugas mengolah segala data kepegawaian yang merupakan da ta yang sangat penting atau vital bagi sebuah instansi baik instansi pemerintah maupun swasta. Administrasi kepegawaian adalah seluruh aktivitas atau kegiatan yang berkaitan dengan masalah penggunaan pegawai untuk mencapai tujuan yang diharapkan (Mauliasy ifa;2011). Untuk dapat melaksanakan administrasi kepegawaian ini dibutuhkan seorang pegawai yang disebut sebagai administrator yang bertujuan untuk menyusun dan mengendalikan seluruh aktivitas untuk memelihara, mengembangkan, mendapatkan, maupun menggunaka n para pegawai sesuai dengan beban kerja untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan yang telah di tentukan sebelumnya. Administrasi kepegawaian merupakan suatu cara yang mempelajari tentang kebijaksanaan, sasaran dan proses pembinaan sumber daya manu sia yang berstatus sebagai pegawai. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam administrasi kepegawaian yaitu pengadaan kepegawaian, pembinaan pegawai dan lain - lain. Perkembangan administrasi kepegawaian dimulai sejak bangsa indonesia membentuk pemerintahan yan g merdeka dan berdaulat. Peranan administri kepegawaian semakin penting sejak pemerintah mulai mencanangkan REPELITA (Rencana Pembangunan Lima Tahun), dimana unsur sumber daya manusia merupakan faktor penentu dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan b aik dalam tugas pemerintah maupun dalam pembangunan. Administrasi kepegawaian sangat penting peranannya bagi dunia usaha yang baik instansi pemerintah, BUMN (Badan Usaha Milik Negara) maupun swasta. Tanpa adanya penerapan administrasi kepegawaian yang baik maka badan usaha atau kantor milik pemerintah tersebut tidak mungkin dapat berjalan dan berkembang dengan baik dan lancar. Administrasi kepegawaian mempunyai peran penting bagi sebuah kantor maka administrasi perlu dikelola menggunakan sistem pengelolaan administrasi yang baik dan benar, sehingga apabila ada pihak yang membutuhkan akan dapat disajikan dengan cepat dan tepat. Banyak faktor yang mempengaruhi agar administrasi kepegawaian mempunyai citra yang positif antara lain adalah pegawai yang terdidik dan terampil, terjaminnya keamanan pengelolaan data kepegawaian, dan penyelenggaraan sistem kepegawaian dan pertukaran informasi yang baik. Demi kelancaran semua pekerjaan pegawai, sebuah kantor harus mempunyai suatu sistem pengelolaan administrasi kepega waian yang baik dan benar di bidang kinerja maupun citra. Pengelolaan data kepegawaian ini berkaitan dengan seluruh proses dalam pengelolaan pegawai seperti kenaikan pangkat, jabatan, mutasi, pendidikan dinas, penindakan, berhenti dan pensiun. Prestasi dan kesalahan pegawai tidak terlepas dari bagaimana cara sebuah instansi menangani pegawai yang dimilikinya. Dalam hal ini pemerintah senantiasa melakukan pelatihan bagi pegawai sebagai suatu sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Dengan m emberikan pelatihan yang efektif maka akan meningkatkatnya prestasi kerja seorang pegawai selanjutnya instansi menyeleksi prestasi kerja pegawai yang lebih menonjol dan memberikan promosi jabatan sebagai bentuk penghargaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. VERINITA, S.E., M.Si.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Kesekretariatan dan Manajemen Perkantoran
Depositing User: d3 kesekretariatan ekonomi
Date Deposited: 21 Apr 2017 04:25
Last Modified: 21 Apr 2017 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24534

Actions (login required)

View Item View Item