FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS GIZI PADA LANSIA DI POSYANDU LANSIA KELURAHAN PARAK GADANG TIMUR TAHUN 2015

Rahmi, Fitriani (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS GIZI PADA LANSIA DI POSYANDU LANSIA KELURAHAN PARAK GADANG TIMUR TAHUN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
730.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Lansia merupakan seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas yang telah mengalami perubahab pada fisiologis tubuh. Seiring bertambahnya usia, terjadi penurunan fungsi pada sistem gastrointestinal yang berdampak pada status gizi lansia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi lansia. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan metode cross sectional. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari sampai bulan Juni 2015. Populasi penelitian ini adalah lansia yang berumur 60-74 tahun sebanyak 110 orang dengan sampel sebanyak 76 orang yang memenuhi kriteria. Analisa data yang digunakan yaitu analisa univariat, bivariat, dan multivariat dengan menggunakan sistem komputerisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara jenis kelamin dengan status gizi lansia (p=0.003), status perkawinan dengan status gizi lansia (p=0.011), dan anxiety dengan status gizi lansia (p=0.000). Faktor dominan yang berhubungan dengan status gizi adalah anxiety dengan menggunakan uji regresi logistik multinominal. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada perawat komunitas agar dilakukannya penilaian status gizi pada saat diadakannya posyandu lansia supaya status gizi lansia dapat diketahui dan terkontrol dengan baik. Kata kunci : lansia, status gizi, anxiety Daftar Pustaka : 32 (2008-2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Ms Lyse Nofriadi
Date Deposited: 01 Mar 2016 04:11
Last Modified: 01 Mar 2016 04:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/2451

Actions (login required)

View Item View Item